Cegah Penyebaran Covid-19, Disperindagkop UKM Kobar Semprot Disinfektan di Sejumlah Pasar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 24 Maret 2020 15:55, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Kobar - Dalam upaya mengantisipasi dan mencegah wabah Covid-19 Disperindagkop UKM Kobar pada tanggal  21-23 Maret 2020 melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di beberapa pasar besar yang ada di wilayah Kabupaten Kobar.

Penyemprotan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Pasar yaitu Suradi dan diikuti oleh Kasi Ketertiban dan Kebersihan Pasar Rasidah, petugas kebersihan dan satpam.

(Baca Juga : RSSI Pangkalan Bun Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua bagi Seluruh Karyawan RS)

Penyemportan dilakukan di beberapa lokasi, dimulai dari wilayah Pangkalan Bun yaitu Pasar Indra Sari kemudian berpindah ke Pasar Indra Kencana lalu ke Pasar Planggan Sari. Setelah selesai untuk wilayah Pangkalan Bun penyemprotan bergeser ke wilayah Kumai, yakni Pasar Saik Kumai dan Pasar Cempaka Kumai.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Suradi menyampaikan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat melakukan langkah-langkah pencegahan diantaranya penyemprotan disinfektan dan penyediaan tempat cuci tangan di beberapa titik yang ada di pasar–pasar tersebut.

“Penyemprotan ini akan dilakukan secara berkelanjutan untuk mencegah penyebaran virus tersebut dan tersedianya tempat cuci tangan yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pengunjung atau pedagang,” ujar Suradi pada Sabtu (21/3/2020).

Dalam menyikapi wabah Covid-19 aktivitas pasar tetap berjalan seperti biasa dan untuk sementara ini tidak ada penutupan pasar, dengan menerapkan protokol di area pasar, yaitu:

  1. Jagalah kebersihan di lingkungan pasar
  2. Jagalah kesehatan dan kebersihan pedagang dan pembeli
  3. Simpan dan susun barang yang ada di pasar di tempat bersih dan higienis
  4. Cuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun/hand sanitizer
  5. Etika penggunaan masker
  6. Manfaatkan perdagangan online
  7. Ikuti perkembangan informasi terbaru seputar Covid-19

Tidak hanya melakukan penyemprotan, kegiatan ini juga diikuti dengan edukasi kepada masyarakat agar waspada terhadap persebaran wabah Covid-19 dan menjaga kebersihan diri serta edukasi pembuatan disinfektan mandiri sesuai dengan edaran dari Dinas Kesehatan Kobar agar masyarakat dapat melakukan penyemprotan di rumah. (disperindagkop ukm kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook