RSUD Kapuas Lakukan Simulasi Penanganan Covid-19

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 18 Maret 2020 15:17, Dibaca 28 kali.


MMCKalteng - KUALA KAPUAS – Semakin maraknya penyebaran virus Corona (Covid-19), RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan uji coba penanganan covid-19 , pada hari Rabu (18/3/2020). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit dr. Agus Waluyo, anggota NCC PSC 119, dan para dokter RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Sebelum memulai kegiatan tersebut, para dokter menjelaskan dan memperkenalkan tata cara pemasangan dan pelepasan  Alat Pelindung Diri (APD) saat penanganan pasien yang positif terkena Covid-19. Simulasi dimulai dengan pembawaan pasien oleh NCC PSC 119 menggunakan ambulan, setelah itu pasien dibawa ke ruang pemeriksaan untuk di rontgen dan di cek hasilnya apakah pasien positif atau negatif terinfeksi virus, jika pasien positif terkena virus corona pasien akan di rujuk ke RSUD Doris Sylvanus yang ada di Palangka Raya. Simulasi tersebut juga memperlihatkan pembersihan mobil ambulan yang dipakai saat membawa pasien.

(Baca Juga : Ritual Adat Balian Sebagai Rangkaian Harjad Kota Kuala Kapuas)


Di tempat yang sama Dr. Solestyanto mengatakan kegiatan simulasi ini bisa menjadi panduan tata cara bagaimana penanganan pasien yang terindikasi Covid-19 untuk diketahui kepada masyarakat luas. Ia berharap kegiatan ini juga bisa menjadi suatu pencerahan bagi masyarakat tentang apa saja yang harus diikuti dan tidak salah kaprah dalam hal penanganan covid-19 tersebut.

 “Simulasi ini juga bertujuan untuk melihat apa saja kekurangan saat menangani pasien sehingga dapat diperbaiki kekurangan tersebut untuk ke depannya”, ucapnya.(hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook