Dua Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Kawasan Bibir Pantai Desa Sungai Bakau

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 21 Februari 2020 10:08, Dibaca 44 kali.


MMCKalteng - Kobar - Dalam rangka menumbuhkan kesadaran dan kepedulian bersama terhadap kelestarian lingkungan dan penghijauan pantai menuju penguatan ekonomi masyarakat pesisir, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diundang mengikuti Kegiatan Penanaman 2000 Pohon Mangrove di Desa Sungai Bakau pada Jum’at (21/2/2020).

Kegiatan yang digagas oleh Polres Kobar bersama stakeholder terkait dan TNI beserta Pemerintah Desa Sungai Bakau ini juga diikuti oleh warga setempat, guru dan pelajar. Gerakan menanam mangrove sebanyak 2000 pohon ini dilaksanakan di kawasan bibir pantai Desa Sungai Bakau Kecamatan Kumai.

(Baca Juga : Dampak Virus Korona, Pelaksanaan RAT Tujuh Koperasi Ditunda)

Penanaman 2000 Pohon Mangrove ini dengan tema “Polri Peduli Penghijauan Pantai Dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir” yang bertujuan menumbuhkan kesadaran dan kepedulian bersama terhadap kelestarian lingkungan dan penghijauan pantai menuju penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

Kepala Dispar Kabupaten Kobar Wahyudi yang turut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan tersebut hadir beserta jajaran pegawai dinas pariwisata.

Sebagaimana diketahui, tanaman mangrove memiliki peran dan manfaat besar bagi keberlangsungan ekosistem lingkungan sekitar dan penduduk pesisir.

Kepala Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat Wahyudi menyatakan pentingnya kebersamaan pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, mengingat dampak manfaat yang akan dirasakan ke depan sangatlah besar.

“Kita semua tentu tidak ingin suatu saat pantai kita rusak dan tergerus oleh abrasi, disinilah yang menjadi kekuatan karena adanya rasa yang sama terhadap kepedulian kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan keindahannya,” tutur Wahyudi.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan pelestarian lingkungan merupakan wujud dari pembangunan wisata berkelanjutan yang memperhatikan dampak terhadap lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi.

“Sebagai sabuk hijau pengaman untuk keseimbangan ekologi, mencegah abrasi, menjaga kelestarian habitat berkembangbiaknya ikan dan kepiting serta manfaat ekonomi masyarakat sekitar serta fungsi rekreasi,” pungkasnya.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kapolres Kobar dilanjutkan penyerahan secara simbolis pohon mangrove kepada masing-masing perwakilan dinas/instansi. Penanaman dilakukan sejak pagi sampai menjelang siang dan diakhiri dengan foto bersama. (dispar kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook