Perlu Terobosan Kembangkan Pariwisata

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 09 Maret 2020 07:21, Dibaca 16 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki banyak ragam budaya serta kaya akan sumber daya alam (SDA) yang cukup melimpah. Sektor pariwisata juga menjadi salah satu yang potensial untuk bisa dimaksimalkan sebagai pemasukan daerah, apalagi masing-masing kabupaten/kota memiliki berbagai macam jenis wisata.

Terkait itu legislator dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kuwu Senilawati mengharapkan agar potensi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah serta masyarakat dalam upaya menambah nilai ekonomi publik.

(Baca Juga : APBD Kalteng 2018 Dibahas Maraton)

“Kita mendorong agar sektor ini bisa terus dikembangkan secara optimal. Untuk mewujudkan itu memerlukan koordinasi serta kerjasama yang intensif antar stakeholder baik provinsi maupun kabupaten/kota,” ujarnya kepada awak media, ketika ditemui usai rapat kerja belum lama ini.

Terkait keinginan itu, pihaknya selaku jajaran dewan, akan membahas persoalan tersebut secara intensif. Intinya, ucap dia, jajaran baik provinsi maupun daerah memiliki porsi tugas masing-masing, dalam mengembangkan wisata ke depan. Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas (Gumas) itu menjelaskan, nantinya pola promosi serta pengembangan wisata mesti memiliki inovasi yang positif.

“Harus ada terobosan-terobosan baru, yang sifatnya menguntungkan daerah serta masyarakat,” ujar wanita murah senyum tersebut.

Dirinya mengakui selama ini studi banding ataupun promosi ke luar negeri menyangkut pariwisata, jelas membutuhkan banyak pendanaan. Harapannya jelas demi mendatangkan wisatawan mancanegara ke daerah.

Sayangnya konsep tersebut masih belum sesuai harapan. Terkait itu pihaknya berharap seharusnya yang dilakukan pada sektor pariwisata, wajib berimbas pada timbal balik positif pada daerah serta masyarakatnya. Maka untuk itu ke depan, masyarakat bisa bergerak dalam lini tersebut, dengan melibatkan secara maksimal.

Sebut saja pengelola wisata alam, agen wisata, travel, adat istiadat, budaya dan lainnya. “Kita perlu strategi yang benar-benar tepat, untuk nantinya dibahas bersama, dengan tujuan pariwisata Kalteng mampu menambah atau meningkatkan nilai ekonomi masyarakat,” ujarnya mengakhiri.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook