KPU Audiensi ke DPRD

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 03 Maret 2020 06:57, Dibaca 308 kali.


MMCKalteng - PALANGKA RAYA - Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah (Kalteng), mendadak berkunjung ke DPRD Kalteng, Senin (2/3/2020) siang. Kedatangan Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrahim serta sejumlah Komisioner KPU serta jajaran staf KPU Kalteng, diterima langsung Ketua DPRD Kalteng Wiyatno didampingi jajaran Komisi I yang membidangi pemerintahan, keuangan dan hukum. Sayangnya, pertemuan digelar secara tertutup di ruang rapat Pimpinan DPRD Kalteng.

Usai audiensi dengan KPU, kepada media, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno mengatakan, pertemuan itu atas pemberitahuan yang disampaikan pihak KPU ke Ketua DPRD Kalteng. Namun, karena ada ada kaitannya dengan Komisi I, maka dalam pertemuan tersebut disertakan beberapa Anggota Komisi I yang bisa hadir.

(Baca Juga : Dewan Dorong Peningkatan Fasilitas Samsat)

“Tadi itu ada audiensi ditujukan ke Ketua Dewan, karena ada Komisi I yang membidangi kita ikutsertakan beberapa anggota komisi untuk turut hadir. Jadi audiensi tadi tidak lebih dari perkenalan, karena selama ini kan belum ada pertemuan sama sekali dari Komisioner KPU baik dengan Pimpinan DPRD maupun dengan Anggota DPRD Kalteng,” kata Wiyatno.

Dalam pertemuan tersebut, ungkap Wiyatno, dipaparkan juga berbagai program kerja yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan ke depan. Sementara untuk pembahasan terkait masalah anggaran pilkada, akan dijadwalkan pekan langsung dengan Komisi I. “Untuk rapat dengar pendapat (RDP) akan dilangsungkan Selasa pekan depan,” kata Wiyatno.

Saat yang sama, Ketua Komisi I DPRD Kalteng Y Freddy Ering membenarkan bahwa Komisi I yang merupakan mitra KPU Kalteng akan segera menjadwalkan RDP agar polemik penempatan anggaran pilkada tersebut bisa terselesaikan.

“Inti dari pertemuan kita tadi, kita akan segera melaksanakan RDP dengan KPU untuk membahas masalah ini lebih lanjut. Kemungkinan kita jadwalkan pertemuannya pada hari Selasa,” kata Freddy.

Sementara Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrahim mengatakan, pertemuan yang dilaksanakan bersifat silaturahim. “Pertemuan tadi hanya bersifat silaturahim, untuk hal-hal lain akan dibicarakan dalam pertemuan selanjutnya," kata Harmain.

Ketika disinggung terkait masalah penempatan anggaran hibah pilkada Kalteng, dia memilih untuk tidak berkomentar banyak, sebelum dibahas bersama pihak DPRD Kalteng pada pertemuan selanjutnya.

“Saat ini kita belum bisa memberikan komentar, namun masalah ini akan kita bahas pada saat pertemuan selanjutnya melalui RDP yang dijadwalkan oleh DPRD Kalteng,” pungkasnya.

Sebelumnya, DPRD Kalteng gencar menyoroti kebijakan KPU Kalteng, yang telah menempatkan anggaran hibah pemilihan kepala daerah (Pilkada) ke Bank Tabungan Negara (BTN). Pasalnya, kebijakan tersebut selain kurang mendukung pengembangan bank daerah atau Bank Kalteng, juga diduga penunjukan oleh pihak KPU tidak prosedural.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook