Bupati Sambut Kedatangan Pengurus LPPM UPR

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 28 Februari 2020 09:17, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT didampingi Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Kapuas Idie I Gaman, SH  serta para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas menyambut kedatangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR) ke Kabupaten Kapuas. Kedatangan Lembaga tersebut dalam rangka presentasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dalam upaya mendukung kinerja pelaksanaan KKN-T  Universitas Palangka Raya Tahun 2020 dan sinkronisasi program pembangunan daerah dengan program KKN-T UPR yang diadakan di Aula Bappeda, Kamis (27/2/2020) pagi.

Ben dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan tim dari UPR KKN-T di Kota Kapuas dan mengatakan sangat mendukung kegiatan KKN-T tersebut. Dalam kesempatan itu mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng tersebut juga menyampaikan kepada para stakeholder untuk turut andil membantu mahasiswa yang nantinya akan melaksanakan kegiatan KKN-T.

(Baca Juga : Pemko Palangka Raya Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah)


“Dengan adanya program ini pasti akan memberikan dampak positif untuk kita semua dalam hal yang lebih baik, serta saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa dapat memberikan kontribusi untuk desa – desa yang ada di Kabupaten Kapuas,” ucap Ben.

Dalam akhir sambutannya Bupati dua periode ini menambahkan dan memberikan informasi bahwa di Kabupaten Kapuas berpenduduk 300 ribu lebih jiwa dan menerangkan Kapuas adalah lumbung padi di Kalimantan tengah yang mana 47 persen kebutuhan Kalimantan Tengah dari Kapuas serta juga Kapuas adalah Lumbung Semangka.


Sekretaris LPPM UPR Prof. Dr. Kuwing Baboe, M.Si  dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Kapuas yang telah bersedia hadir, dan menerangkan program KKN-T oleh UPR tersebut dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 3.000 orang dan dibagi dalam dua tahap yang mana tahap pertama pada awal semester dan tahap kedua pada akhir semester dengan masing-masing tahap tersebut berjumlah 1.500 peserta.

“Saya atas nama Sekretaris LPPM Universitas Palangka Raya (UPR) mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas, khususnya Bupati Kapuas yang telah berkenan hadir dalam acara ini,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia KKN-T, Drs. Darmae Nasir, M.Si., MA., Ph.D menerangkan juga dalam paparannya bahwa Kegiatan KKN-T tersebut mempunyai visi dan misi `Mengabdi di desa untuk membangun desa` program yang paling banyak di ketahui masyarakat adalah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan dengan tema-tema tertentu. Ia menerangkan bahwa UPR didirikan pada tahun 1962 oleh pemerintah dan dibentuk berdasarkan SK Gubernur Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Sampai sekarang UPR mempunyai delapan fakultas dan satu pascasarjana, ia juga menjelaskan program KKN-T ini ditujukan untuk masyrakat desa karena KKN adalah latihan belajar dan meneliti dengan melihat fakta yang ada di desa seluruh Kalimantan Tengah, KKN tersebut juga mempunyai tiga jenis diantaranya Tematik Reguler, Tematik Non-reguler, Kebangsaan dan BKS-PTN.

Kegiatan tersebut juga mempunyai delapan tema antara lain pengembangan PAUD, ketahanan pangan melalui pekarangan, pencegahan karthutla, pengembangan UMK, pengembangan pengelolaan bumdes, pengembangan desa berbasis wisata, pengembangan database desa, dan revolusi mental melalui `Handep Hapakat`. Kemudian rencana lokasi penempatan KKN berada di Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Gunung Mas. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook