Program Sembako, Masyarakat Miskin Bisa Beli Beras, Telur, Ikan dan Sayur

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 27 Februari 2020 23:44, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas diwakili Kepala Bidang Rehabilitas Sosial Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kaban, SE membuka secara resmi acara Pengenalan Program Sembako di Kabupaten Gunung Mas tahun 2020 di Aula Dinas Sosial, Kamis (11/2/2020) pagi.

Turut hadir pada acara tersebut Narasumber Kepala BRI Cabang Kuala Kurun Bapak Wiwit Priyano Santoso, Kepala Bidang Komersial Bulok Kalteng Ibu Mariam, peserta tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se-Kabupaten Gunung Mas, Agen penyalur Bri-ling program sembako Kelurahan Sepang Simin, Agen Desa Tumbang Empas, Agen Kalurahan Kampuri Agen Kuala Kurun dan Agen Kelurahan Tewah.

(Baca Juga : Optimalisasi Pajak Restoran, Bapenda Kobar Dampingi Penggunaan Tapping Box kepada 13 Wajib Pajak)

Dalam sambutan tertulis Plt Kepala Dinas Sosial menyampaikan bahwa, program sembako merupakan pengembangan dari program bantuan pangan non tunai (BPNT) sebagai program transformasi bantuan pangan untuk memastikan program menjadi lebih tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi. Seperti halnya program BPNT, bantuan sosial pangan yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat (KPM) dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah.

“Bantuan program sembako adalah bantuan sosial pangan yang disalurkan dalam bentuk non tunai dari pemerintah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) senilai RP. 150.000 setiap bulannya melalui mekanisme uang elektronik yang digunakan hanya untuk membeli beras, telur, ikan dan sayur sesuai jumlah dan kualitas di pedagang pangan atau disebut e-warong yang bekerjasama dengan bank penyalur,” ujarnya.

Disampaikannya, program sembako memiliki tujuan yang lebih luas yaitu untuk memberikan nutrisi yang lebih seimbang, memberikan pilihan dan kendali kepada rakyat miskin dan rentan, mendorong usaha eceran rakyat, memberi jasa keuangan pada rakyat miskin dan rentan, serta mengefektifkan anggaran.

Sebagaimana kita ketahui bahwa masih banyak masyarakat kita yang masuk dalam kategori berpenghasilan rendah atau pra sejahtera dan perlu ditingkatkan kesejahteraannya. Oleh sebab itu patutlah kita syukuri dan dukung sepenuhnya agar pencapaian sasaran dalam rangka mengupayakan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Gunung Mas dapat terwujud. 

Diakhir sambutannya, Plt. Kepala Dinas berharap, bantuan sosial tersebut terutama bagi semua camat dan kepala desa agar membantu penyaluran bantuan pangan ini sehingga dapat dimanfaatkan dan diterima langsung oleh masyarakat di wilayahnya masing-masing.

 

 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook