Meriahkan Peringatan Hari Bakti Rimbawan, Dinas Kehutanan Gelar Pertandingan Tenis Lapangan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 21 Februari 2020 17:36, Dibaca 1,141 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Bakti Rimbawan dan Hari Ulang Tahun (HUT) Sylva Tangkasiang Tenis Club Tahun 2020, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar pertandingan tenis lapangan.

Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Ir. H. Sri Suwanto, MS membuka secara resmi kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Tangkasiang, Palangka Raya, Jum`at (21/2/2020).

(Baca Juga : Resmikan Gedung Dekranasda, Ibu Mufidah Kalla Kunjungi Kalteng Besok Hari)

Pertandingan ini bertujuan selain untuk menjalin silaturahmi, persahabatan antar pemain tenis, juga sebagai salah satu sarana untuk mencari bakat dan bibit-bibit baru petenis muda Kalimantan Tengah.

Pertandingan tenis lapangan diikuti oleh 37 pasang peserta yang berasal dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, dan yang dipertandingkan adalah kategori ganda putra.

Dalam pertandingan ini panitia menyediakan uang pembinaan bagi peserta yang bisa mencapai 8 besar ke atas dengan total hadiah sebesar 17 juta rupiah.


Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng berharap melalui pertandingan ini bisa semakin menumbuhkan sifat kebersamaan, kerukunan, serta keakraban.

"Saya berharap dengan olahraga, khususnya tenis lapangan ini teman-teman rimbawan semakin guyub, semakin rukun, bisa saling memahami, dan meningkatkan keakraban," ucap Sri.

Sri menambahkan, nilai-nilai yang didapat dari suatu pertandingan olahraga sangat bermanfaat, sehingga dapat membentuk karakter yang lebih baik lagi kedepannya.

"Karena kalau kita melalui olahraga ini sudah berlatih untuk sportif, untuk konsekuen, untuk menerima kekalahan, dan yang menang tidak jumawa, ini kan suatu proses pendewasaan, sehingga saya yakin teman-teman yang hobi olahraga itu kedewasaannya akan lebih cepat," imbuhnya.

Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari jadi Rimbawan yang diperingati setiap tanggal 16 maret ini, juga akan diisi dengan kegiatan-kegiatan lainnya pada bulan februari hingga maret sebelum acara peringatan.


"Kegiatan ini nanti tidak hanya mungkin di tenis lapangan saja karena kita ada kegiatan-kegiatan lain, kira-kira antara februari dan maret ini dan terima kasih semua teman-teman yang berusaha mendukung dan juga khususnya dari pihak-pihak lain yang membantu dengan tulus ikhlas kelancaran di dalam kegiatan ini," pungkasnya.

Rimbawan merupakan seseorang yang mempunyai profesi pengelolaan hutan atau orang yang selalu memainkan peran dalam kegiatan pengelolaan hutan kearah kelestarian.

Rimbawan juga dapat dikatakan sebagai pengawal atau pengawas kekayaan negara berupa sumber kekayaan hutan. Tugas seorang rimbawan yaitu memelihara, melindungi serta meningkatkan kemampuan ekosistem hutan bagi masyarakat.

Seorang rimbawan merupakan seseorang yang cukup memahami sumber daya alam khususnya hutan. Rimbawan merupakan faktor mutlak yang harus ada bagi kemanfaatan hutan. Kemanfatan hutan diartikan oleh sebagian orang sebagai bakti sang rimba. Rimbawan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan khusunya di Indonesia.

Rimbawan merupakan anggota masyarakat yang dipercayai untuk mengurus sumber daya alam yaitu hutan. Seorang rimbawan selalu mempertimbangkan perlindungan hutan sebagai sesuatu kegiatan penting.

Perlindungan hutan ialah hal yang berkaitan dengan pencegahan perusakan hutan dari oknum-oknum tertentu sehingga seseorang rimbawan harus mengenal oknum yang merusak hutan tersebut agar hutan dapat terlindungi dari oknum-oknum tersebut. Pengenalan terhadap oknum tersebut berfungsi sebagai bagian dari penggeloaan alam secara keseluruhan. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook