Pengembangan Potensi Ekonomi Melalui Peternakan Ayam KUB di Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 13 Juli 2020 07:26, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat  - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) melalui Unit Pelaksana Teknis Pembibitan Pakan dan Ternak Unggul (UPT PPTU) melakukan pengembangan Bibit Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) yang terletak di Desa Purbasari Kecamatan Pangkalan Lada pada Senin (13/7/2020). Ayam KUB merupakan ayam hasil seleksi persilangan yang di dapat dari pemuliaan sumber daya genetik lokal yang unggul, sehingga ayam ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya lebih produktif, perawatan mudah, pertumbuhan cepat serta sudah bertelur pada usia 5 bulan.

Hal ini menghadirkan optimisme hasil pembibitan ayam KUB yang dilaksanakan bakal menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan protein masyarakat sekaligus penggerak perekonomian rakyat di Kabupaten Kobar. Kepala DPKH Kobar, Ida Pandanwangi menyatakan pengembangan Ayam KUB sudah menyebar di semua kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : UPT Puskesmas Tamban Baru Adakan Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor )

“Dengan demikian, diharapkan masyarakat yang membudidayakan ayam KUB sudah mendapatkan keuntungan, baik dari segi pemenuhan protein hewani dan segi perekonomian,” kata Ida.

Untuk saat ini UPT PPTU yang berada di Desa Purbasari baru menghasilkan Day Old Chick (DOC) terbatas. Hal ini dikarenakan UP PPTU baru memiliki indukan ayam KUB sebanyak 250 indukan yang merupakan bantuan bibit DOC langsung dari Balitnak Bogor.

Bagi masyarakat yang berminat untuk membudidayakan ayam KUB silahkan untuk menghubungi DPKH melaui Bidang Peningkatan Produksi Ternak. Kepala Bidang Program Peningkatan Produksi Ternak, Hj Risanty menyampaikan bahwa UPT PPTU tidak hanya menghasilkan DOC, tetapi juga menghasilkan telur konsumsi dan telur tetas.

“Ke depan harapan UPT PPTU dapat menghasilkan indukan ayam KUB sehingga kebutuhan akan DOC bagi masyarakat dapat terpenuhi,” tutur Risanty. (dpkh kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook