Cari Ikon Batik Lewat Sayembara Desain Motif Batik Khas Pulang Pisau

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 13 Februari 2020 23:36, Dibaca 2,450 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Sebanyak 50 karya desain motif batik yang ikut serta dalam sayembara desain motif batik khas Kabupaten Pulang Pisau yang menjadi seleksi para juri untuk menentukan ikon batik khusus untuk motif batik khas Kabupaten Pulang Pisau.

50 karya tersebut dikumpulkan dan dikoordinir langsung oleh pihak penyelenggara sayembara yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau sejak 10 Januari 2020 sampai dengan 10 Februari 2020.

(Baca Juga : Masa Pandemi Corona, Bupati Kapuas Salurkan BLT)

Dalam penilaian sayembara pada tahap akhir pada tanggal 13 Februari 2020 dilakukan oleh 3 orang dewan juri yaitu juri pertama Hj. Nunu Andriani selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Pulang Pisau, Juri kedua Lighehartson Gampang selaku pakar seni dan juri ketiga Yulia P. Borneo selaku pengrajin batik.

Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Hj. Nunu Andriani selaku juri saat dikonfirmasi di tempat acara Kamis (13/2/2020) menerangkan sayembara desain motif batik khas Kabupaten Pulang Pisau ini sudah berjalan sejak 10 Januari 2020 lalu yang diikuti sebanyak 50 peserta terdiri dari 22 orang dikategori pelajar/mahasiswa dan 28 orang kategori umum dengan jumlah karya desain sebanyak 50 desain yang masuk pada panitia.

"Pada hari ini kita sebagai dewan juri akan melakukan penilaian sesuai kriteria dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak panitia sekaligus mengumumkan para pemenang untuk peserta yang dibagi menjadi dua kategori tadi," ujar Hj. Nunu

Ia juga menambahkan tujuan sayembara ini sebagai ajang untuk mencari ikon batik khas Kabupaten Pulang Pisau serta untuk mencari gagasan kreasi dan inovasi dalam penggunaan motif batik yang akan digunakan untuk pakaian serta ornament lainnya dengan kearifan lokal khas Kabupaten Pulang Pisau.

"Memang banyak motif yang telah kita buat untuk batik khas Pulang Pisau tapi dalam sayembara ini nantinya hasil karya para juara akan dipatenkan untuk motif khas Pulang Pisau," ucapnya.

“Harapannya melalui sayembara desain motif batik khas Kabupaten Pulang Pisau ini, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk memakai batik khas Kabupaten Pulang Pisau. Di samping mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa Pulang Pisau memiliki batik sendiri dengan ikon khas Pulang Pisau,” tambah Hj. Nunu.

Ia juga menyampaikan untuk para pemenang dari hasil penilaian pemenang sayembara kategori umum juara I atas nama Agerson dengan perolehan skor sebanyak 266, juara II Siti Mahfuzah dengan skor 242 dan juara III ditempati oleh Andi Sofian dengan skor 229 dan untuk kategori pelajar/mahasiswa juara I atas nama Indah Purnama dengan perolehan skor 248, juara II Yazied F. Alhusein dengan skor 230 dan juara III Nur Shifa Laila dengan skor 215.

Akhir kata beliau menyampaikan selamat kepada para pemenang dan semoga hasil yang didapat memuaskan dan akan segera kita lakukan evaluasi sebelum ketahap pencetakan motif ke kain. (MC. Pulang Pisau/Amel/edtr)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook