Dukung Kerjasama Tiga Pemerintah Daerah

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 16 Desember 2019 21:19, Dibaca 127 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, Bupati Katingan, Zakaryas dan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo telah melakukan penandatanganan Kesepakatan bersama  atau  MoU tentang kerjasama daerah di bidang pembangunan.

(Baca Juga : WAKAPOLDA KALTENG LAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE MURUNG RAYA)

Adanya kerjasama dari ketiga pemerintahan pada level tingkat dua tersebut, mendapat apresiasi dan di dukung banyak pihak, terutama dari kalangan legislatif DPRD Palangka Raya.

Kami tentu mendukung program kerjasama antara Kota Palangka Raya dengan Kabupaten Pulang Pisau dan Katingan. Ini tepat sebab ketiga daerah itu semuanya berbatasan secara langsung dalam hal tata letak wilayah,” ungkap Ruselita.

Lebih lanjut anggota Komisi B DPRD Palangka Raya ini mengatakan, banyak hal yang bisa dikerjasamakan oleh ketiga pemerintahan tersebut.Terutama yang dapat secara langsung dirasakan hasilnya, tidak hanya bagi masyarakat luas, namun juga pada sisi pemasukan bagi daerah.

Semisalkan saja di setiap perbatasan ada kerjasama dalam hal pembangunan tugu bersama, atau gerbang  masuk yang didesain khusus, namun dirancang memiliki nilai kearifan lokal yang memiliki daya tarik pariwisata.

Bisa saja disitu ada tempat kuliner, gazebo atau pendopo maupun lain sebagainya yang dirancang memiliki daya tarik bagi masyarakat yang melintas untuk singgah memanfaatkan sarana yang ada. Nah, ini bisa diatur antar pemerintahan,” cetusnya, Senin (16/12/2019).

Sedangkan dari sisi bidang lain lanjut Ruselita, tentu akan ada banyak hal yang menguntungkan, terutama dari potensi daerah masing-masing. Sebut saja disektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun sektor yang potensial untuk dikerjasamakan.

Seperti di Kabupaten Pulang Pisau yang sudah memiliki pelabuhan laut. Nah, dari sudut pandang pemanfaatan tentu banyak yang bisa dikerjasamakan dengan memanfaatkan pelabuhan laut tersebut,” bebernya.

Begitupun sebaliknya potensi yang  bisa dikerjasamakan dengan Kabuupaten Katingan, dimana lanjut Ruselita, sektor potensial seperti pariwisata dan perikanan, bisa dikerjasamakan.

Dibangunnya  kerjasama ini sudah sangat tepat, sehingga nantinya akan ada banyak hal yang muncul ketika kerjasama itu dijalankan. Bila ini bisa dilakukan, maka ketiga daerah akan lebih berkembang dengan cepat,” tandas legislator Partai Perindo ini. (MC. Isen Mulang.1) 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook