Kalimantan Tengah Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri Tahun 2019

Kontribusi dari Dinas Lingkungan Hidup, 14 Desember 2019 14:46, Dibaca 587 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Prestasi membangggakan kembali ditorehkan oleh Kalimantan Tengah dengan diraihnya penghargaan Adiwiyata Nasional dan Penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2019 untuk 10 (sepuluh) sekolah mulai SD, SMP dan SMA yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan dan Kotawaringin Timur.

Penghargaan Adiwiyata Nasional diterima oleh SDN 2 Sidorejo, SDN 8 Mendawai, SMPN 2 Pangkalan Lada, SMP Pesona Astra, kesemuanya berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat serta SMP 04 Best Agro International yang berada di Kabupaten Seruyan. Untuk penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri masing-masing  SDN 1 Sidorejo, SMP 1 Arut Selatan, SMPN 7 Arut Selatan dan SMA 3 Pangkalan Bun seluruhnya dari Kabupaten Kotawaringin Barat, sedangkan penerimaa penghargaan dari Kabupaten Kotawaringin Timur adalah SMA 2 Sampit. 

(Baca Juga : Peringatan 46 Tahun Hari Lingkungan Hidup Sedunia)

Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Menteri LHKSiti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (13/12/2019), kepada masing-masing sekolah yang didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan dan Kotawaringin Timur.

Adiwiyata Mandiri adalah penghargaan bagi sekolah dengan metode pengajaran berwawasan lingkungan, memiliki nilai maksimal yang ada di dalam aplikasi, kemudian sekolah juga harus dan sudah melewati tahapan adiwiyata mulai kabupaten, provinsi dan nasional. Adiwiyata Mandiri merupakan kategori tertinggi yang diperoleh sekolah berwawasan lingkungan.


Siti Nurbaya mengatakan pentingnya pendidikan lingkungan bagi siswa. Dia bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sempat berdikusi mengenai pemahaman mengenai lingkungan tersebut ke sekolah-sekolah. "Dalam diskusi saya bersama Pak Mendikbud, Pak Nadiem. Kita memang melihat pentingnya pendidikan di dalam menyelaraskan pemahaman dan internalisasi untuk kecintaan dan senantiasa menjaga lingkungan," kata Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Atas keberhasilan ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan terima kasih kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta sekolah-sekolah yang telah memperoleh penghargaan Adiwiyata, Diharapkan dimasa yang akan datang jumlah sekolah yang berawasan lingkungan hidup akan semakin bertambah  demi terwujudnya “Kalteng BERKAH” (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

Dinas Lingkungan Hidup

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook