Diskominfo Kota Palangka Raya Bagikan Leaflet Anti Hoax

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 05 Desember 2019 16:36, Dibaca 29 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Pesatnya perkembangan kemajuan teknologi membawa dampak bagi penggunanya, tidak hanya dampak positif tetapi juga ada dampak negatifnya, untuk itu diperlukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan internet dengan bijak.

(Baca Juga : Kementerian Koperasi dan UKM RI Dorong Semangat Kewirausahaan Melalui GKN)

Salah satu pengaruh negatif yang paling dominan adalah di dunia media sosial seperti di facebook, instagram dan twitter dengan menyebarkan berita atau informasi yang dibuat sedemikian rupa dengan narasi dan foto seolah-olah benar adanya.

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian turun langsung ke lapangan menyebarkan leaflet (selebaran) berisi anti hoax. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah objek wisata air hitam Kereng Bangkirai Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya, Rabu (4/12/2019). 

Selain diberikan kepada warga di sekitar juga diberikan kepada pengunjung yang datang untuk berwisata ke tempat tersebut. 

Kita dari Diskominfo membagikan leaflet (selebaran) anti hoax dilakukan agar masyarakat kota Palangka Raya tidak membagikan atau tidak menjadi korban ataupun menjadi pelaku penyebaran berita bohong atau hoax,” ungkap Kepala Seksi Kemitraan Informasi dan Komunikasi Publik, Iin Carolina.

Lanjut Iin, agar warga kota Palangka Raya tidak turut serta menyebarkan informasi tanpa ada klarifikasi dan verifikasi. “Pengguna bisa melakukan screen capture disertai url link, kemudian mengirimkan ke aduankonten@mail.kominfo.go.id dan data pelapor akan dirahasiakan”, sambungnya.

Ia juga mengajak warga menjadi netizen yang pandai dalam menggunakan media sosial. “Cermati dan cari tau terlebih dahulu kebenarannya sebelum menyebarkan berita yang didapat entah darimana sumbernya bisa lewat google atau wikipedia. Gunakanlah media sosial secara bijak dan baik serta tidak ikut-ikutan menyebarkan berita yang hoax”, tutup Iin. (MC.Isen Mulang)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook