Mari Bijak Dalam Bersosmed

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 28 Februari 2020 09:28, Dibaca 269 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistika, Persandian dan Statistik Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan pembentukan kelompok informasi masyarakaty (KIM).

Hadir mewakili Bupati Gunung Mas  dalam kegitan tersebut Asisten III Administrasi Umum, Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Mas Untung, SE., MM, didampingi Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Gunung Mas Dra. Turina Baboe dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah Ibu Elyaniae, SP dan dari pengurus KIM Tunjung Nyahu Provinsi Kal-Teng Yusdistira, S.Pd bertempat di Aula Bappedalitbang, Kamis (27/2/2020).

(Baca Juga : Relawan Evakuasi Mahasiswa Terpapar Kabut Asap)

“Perlu kita ketahui setiap kelompok di dalam masyarakat, baik di pedesaan maupun perkotaan yang didalamnya terdapat aktivitas memperoleh, mengolah, dan menyebarkan informasi secara mandiri kepada anggota kelompoknya maupun anggota masyarakat lain di lingkungannya, dapat dikategorikan sebagai KIM, didayagunakan agar pemberdayaan KIM di daerah bisa dilaksanakan secara lebih aktif,” kata Asisten III Untung, SE., MM.

KIM diharapkan dapat memilih dan menyebarkan informasi yang benar, khususnya informasi yang bernilai positif jika segera disebarluaskan dapat dipertukarkan, di sinilah kelompok informasi masyarakat.

Lanjut dia, melalui kegiatan ini akan muncul kesadaran masyarakat untuk membentuk KIM yang dapat berperan sebagai penyampaian informasi secara riil dan akurat berjalan dinamis. Dengan terbentuknya KIM di Kecamatan/Desa dan Kelurahan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, kecerdasan dan keterampilan.

“Saya berharap seluruh peserta dapat berperan aktif agar kim sebagai mitra pemerintah daerah, dalam menyebarluaskan informasi di tingkat desa atau kelurahan. di sisi lain, KIM juga bisa menjadi penampung aspirasi masyarakat desa untuk disampaikan kepada pemerintah daerah sehingga dengan terbentuknya KIM diharapkan akses informasi yang sesuai kebutuhan masyarakat kian terbuka dan mudah,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinaskominfosanti Dra. Turina Baboe dalam laporanya menyampaikan, kelompok informasi masyarakat (KIM) merupakan lembaga komunikasi pedesaan  yang dibentuk oleh masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif.

Tujuan diseleggarakannya kegiatan ini untuk mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi, memberdayakan masyarakat melalui diskusi antara anggota, supaya dapat memahami informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar kelompok/masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

“Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut yakni berjumlah 60 orang yang terdiri dari Camat seKabupaten Gunung Mas dan Kepala Desa dan Lurah dua Kecamatan, Kecamatan Kurun dan Kecamatan Tewah,” pungkasnya.


 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook