7 Fraksi Dewan Setujui Bahas 4 Raperda

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 25 Oktober 2017 10:39, Dibaca 569 kali.


MMC Kalteng - Sebanyak tujuh fraksi pendukung DPRD Kalteng menyatakan menerima dan menyetujui untuk membahas empat rancangan peraturan daerah (Raperda) yang diajukan oleh Pemprov Kalteng, beberapa waktu lalu.

Persetujuan ketujuh Fraksi pendukung DPRD Kalteng tersebut disampaikan, dalam rapat Paripurna ke 4 masa persidangan III tahun sidang 2017, yang dilangsungkan di gedung DPRD Kalteng, Selasa (24/10).

(Baca Juga : Dewan Dukung Pelestarian Bahasa Daerah)

Adapun keempat raperda yang diajukan Pemprov ke DPRD Kalteng tersebut di antaranya masing-masing tentang retribusi jasa usaha, retribusi jasa umum, retibusi perizinan tertentu dan perubahan peraturan daerah (Perda) Kalteng Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (PSPD).

Meski menyetujui agar keempat raperda tersebut untuk dibahas, ketujuh fraksi pendukung DPRD Kalteng tersebut juga menyampaikan berbagai pertanyaan serta masukan kepada pemerintah daerah terkait diajukannya raperda tersebut.

Seperti yang disampaikan juru bicara Fraksi PDI Perjuangan Duwel Rawing, di mana pihaknya dari Fraksi PDI Perjuangan sangat memahami akan pentingnya pengajuan empat raperda yang telah disampaikan pihak Pemprov Kalteng pada 3 Oktober 2017 lalu tersebut.

“Ini tidak lain adalah sebagai upaya Pemprov Kalteng untuk memberikan kepastian hukum bagi semua pemangku kepentingan yang berkenaan dengan sistem pelayanan di bidang retribusi di Kalteng serta penyusunan kembali atas Perda 4/2016 tentang PSPD,” kata Duwel.

Hal senada juga disampaikan, juru bicara fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Elissae Lambung. Elissae mengatakan, retribusi daerah sebagaimana halnya pajak daerah merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diharapkan menjadi salah satu sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah untuk meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya pengajuan raperda ini, Fraksi Gerindra sangat mendukung untuk dibahas lebih lanjut bersama eksekutif, karena hal ini sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan undang-undang pajak daerah,” katanya.

Persetujuan kelima fraksi lainnya, masing-masing disampaikan oleh juru bicara fraksi, di mana Fraksi Golkar disampaikan Hj Noor Fazariah Kamayanti, Fraksi Demokrat disampaikan Punding LH Bangkan, Fraksi NasDem disampaikan Lodewik C Iban, Fraksi PAN disampaikan Syahrudin Durasid serta Fraksi Gabungan disampaikan H Abdul Hadi.

Dengan telah disampaikannya pemandangan umum fraksi pendukung DPRD Kalteng tersebut, agenda dalam rapat paripurna selanjutnya adalah mendengarkan jawaban Pemprov Kalteng terkait pertanyaan dari ketujuh fraksi tersebut.

sumber : admin DPRD

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook