Kesejahteraan Masyarakat Lokal dan Pendatang Harus Seimbang

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 13 Januari 2019 23:24, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng –Setiap tahun ada program transmigrasi yang selaku dilaksanakan pemerintah. Tujuannya, untuk pemerataan pembangunan masyarakat di semua daerah di Indonesia. Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadi salah satu yang masuk dalam lokasi untuk menjadi tujuan program transmigrasi.

Namun, program ini banyak menimbulkan tanggapan yang kontra dari masyarakat Kalteng, karena dinilai memberikan kemudahan bagi pendatang tidak bagi masyarakat lokal.  

(Baca Juga : Dewan: Nelayan Seruyan Kesulitan BBM)

Anggota Komisi D DPRD Kalteng Muhammad Rizal meminta, pemerintah dalam menjalankan program transmigrasi untuk dapat melihat semua sisi. Khususnya masalah kesejahteraan masyarakat, jangan sampai para pendatang justru lebih baik dibandingkan dengan masyarakat lokal.

“Program harus terpadu, artinya benar-benar diperhatikan, agar ada keseimbangan perhatian pemerintah kepada masyarakat lokal dan pendatang. Tujuannya agar ada keseimbangan dan kesejahteraan antara masyarakat lokal dan pendatang. Letak transmigrasi dulu juga jauh-jauh sehingga ini menjadi pertanyaan kami, jika bisa Tahun 2019 ini perlu ada perbaikan,” kata politisi Partai Golongan Karya ini, belum lama ini di Palangka Raya.

Rizal meminta, jangan sampai ada permasalahan bahawa masyarakat pendatang lebih diperhatikan daripada masyarakat lokal. Selain itu, kata dia, pemilihan kawasan transmigrasi jangan di daerah yang jauh atau tidak memiliki akses ke perkotaan. Jika melihat kembali tujuan adanya transmigrasi ialah untuk pemerataan penduduk, harapannya masyarakat lokal dapat termotivasi. Mengingat, orang-orang yang dipindahkan adalah orang-orang yang memiliki keahlian dibidang pertanian dan bisa memberikan motivasi kepada masyarakat pendatang.

Perkembanganya, kata Rizal, program transimigrasi ini bukan hanya memindahkan penduduk saja, tetapi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Pasalnya, memang wilayah transmigrasi ini tidak hanya untuk masyarakat pendatang saja tetapi juga masyarakat lokal. menjalankan program ini terdapat beberapa persoalan seperti pembinaan kepada masyarakat yang terkendala oleh biaya yang cukup besar. Tetapi itu semua menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan mungkin daerah dapat membantu saja.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook