Tingkatkan Kesadaran Nelayan Desa Kenambui, Diskan Sosialisasikan Alat Tangkap Ikan Yang Dilarang

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 28 November 2019 15:25, Dibaca 366 kali.


MMC Kalteng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan melakukan sosialisasi alat tangkap ikan yang dilarang digunakan di perairan umum. Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan beserta Aparat Desa ini digelar di Aula Kantor Desa Kenambui, Kamis (28/11).

Desa Kenambui merupakan salah satu desa yang terdapat di aliran Sungai Arut yang ada di Kabupaten Kobar. Terdapat beberapa potensi perikanan yang terdapat di desa kenambui antara lain perikanan tangkap dan perikanan budidaya khususnya untuk komoditi jenis perikanan perairan umum.

(Baca Juga : Sosialisasi Perlem LKPP Tentang Pedoman Swakelola)

Dalam sambutan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kobar yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Usaha Kecil Pembudidayaan Ikan, Anil Otor, sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah daerah, Dinas Perikanan tentunya mempunyai tanggung jawab terhadap pembangunan kawasan di bidang perikanan termasuk Desa Kenambui.

“Untuk itu, dalam melakukan upaya pembinaan desa untuk bidang perikanan, maka Dinas Perikanan melakukan kegiatan sosialisasi, baik terkait dengan program-program dinas ataupun informasi tentang pembangunan perikanan yang perlu disampaikan kepada masyarakat Desa Kenambui,” kata Anil Otor.

“Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini nantinya dapat memberikan motifasi bagi masyarakat Desa Kenambui untuk membangun desanya khususnya di bidang perikanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” imbuhnya.

Potensi sumber daya ikan di Desa kenambui tidak akan terjaga kelestariannya apabila usaha penangkapaan ikan dengan menggunakan cara-cara dan bahan yang dilarang dan membahayakan. Hal ini dapat mengancam kelagsungan hidup bagi berbagai jenis ikan dan biota perairan.

Praktik illegal fishing yang umum dilakukan oleh masyarakat sekitar Desa Kenambui adalah penangkapan ikan dengan mengguna setrum maupun racun. Racun yang umum digunakan yaitu tuba dan potassium, sedangan alat setrum sudah menggunakan dynamo 10 Kg yang mempunyai daya yang cukup tinggi. 

Ada beberapa upaya yang akan dilakukan oleh masyarakat Dinas Perikanan bekerja sama dengan Aparat Desa dalam rangka meningkatkan kualitas perairan sungai yaitu salah satunya akan membentuk pokmaswas di lingkungan Desa Kenambui. Selanjutnya pokmaswas ini nantinya akan melakukan pengawasan sumberdaya perikanan yang ada di perairan sungai Desa Kenambui. (humas diskominfo - diskan kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook