Generasi Yang Sehat Jauh Dari Penyakit Menular Seksual (PMS)

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 27 November 2019 20:52, Dibaca 141 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KBP3A) kota Palangka Raya. Melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyakit Menular Seksual (PMS) untuk remaja  di Aula Panti Asuhan Berkah Jalan G.Obos 25 Palangka Raya, Selasa (27/11/2019).

(Baca Juga : Musrenbang Sebagai Wadah Bersama membahas Usulan dan Program)

Nara sumber dari Rumah Sakit Betang Pambelum Awal Bros Palangka Raya dr. Jepisco Lautt dalam menjelasan bahayanya penyakit menular tersebut. Dijelaskan  Infeksi  Menular Seksual (IMS) penularannya terutama melalui hubungan seksual yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun parasit. Cara Penularannya melalui seksual dan non seksual. Melalui seksual itu lewat penis, vagina, anal atau dubur  dan oral atau mulut. Yang melalui non seksual lewat darah, misalnya jarum suntik, tranfusi darah, lewat jalan lahir, kontak tubuh dan kebersihan alat reproduksi yang tidak terjaga baik, ujar  dr Jepisco Lautt .

Dijelaskan juga akibat yang ditimbulkan oleh IMS adalah radang mata, radang sendi, nyeri panggul, radang panggul, infertilitas, penyakit jantung, kanker serviks dan dapat memicu keguguran dan gangguan kesehatan.

Apa yang dilakukan bila menderita IMS, konsultasi kedokter dan segera diobati. Dan cara pencegahan penyakit IMS , tidak berhubungan seks sembarangan, setia dengan pasangannya, tidak menyentuh narkoba dan lakukan test kesehatan lebih dini. Ada banyak kegiatan positif yang menjauhkan kita dari hal yang negatif , salah satunya ikut berorganisasi, melaluikan kegiatan sosial sehingga menjadi pemuda-pemudi yang unggul dan berwawasan luas. (MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook