Tumbuhkan Semangat Pengguna Perpustakaan, Pemprov Beri Penghargaan Pemustaka Terbaik 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 25 November 2019 08:19, Dibaca 2,035 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Acara pemberian piagam penghargaan berupa plakat dan uang tunai kepada Pemustaka Terbaik tahun 2019 berlangsung di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), Senin (25/11/2019) pagi.

Pemberian piagam penghargaan berupa plakat dan uang tunai ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan semangat pengguna perpustakaan atau pemustaka untuk menggunakan semua fasilitas yang telah disediakan perpustakaan, termasuk dalam pemanfaatan koleksi dengan tujuan mendorong pemustaka akan lebih sering ke perpustakaan dan membaca buku.

(Baca Juga : Perpusda Alami Penurunan Pengunjung)

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk dengan pola pendidikan, baik pendidikan formal dan nonformal yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreatifitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat," kata Kepala Dispursip Prov. Kalteng Dra. Susana Ria Aden.

Undang-Undang 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan bahwa upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengguna perpustakaan atau pemustaka. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam memanfaatkan layanan perpustakaan melalui membaca dan meminjam buku.

"Kegiatan pemberian piagam penghargaan berupa plakat dan uang tunai kepada pemustaka terbaik kita laksanakan dengan harapan yaitu mendapatkan pengunjung terbaik, peminjam terbaik mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, Mahasiswa, PNS dan Umum," imbuhnya.

Pihaknya berharap perlu adanya upaya yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam menumbuhkan semangat pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat.

"Saya menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan pemberian piagam berupa plakat dan uang tunai kepada pemustakan terbaik tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, Mahasiswa, PNS dan Umum dan mengucapkan selamat kepada peserta yang telah terpilih menjadi pemustaka terbaik tahun 2019 dan berharap agar mendorong masyarakat lainnya untuk datang ke perpustakaan dan membaca buku," pungkasnya.


Adapun Kriteria penilaian pemustaka terbaik antara lain :

1. Keaktifan kunjungan ke perpustakaan;

2. Tertib dalam mengisi buku tamu;

3. Kesinambungan dalam kunjungan ke perpustakaan;

4. Keaktifan dalam peminjaman bahan pustaka;


5. Kedisplinan dalam pengembalian bahan pustaka;

6. Sikap sopan dan ramah;

7. Tertib administrasi keanggotaan perpustakaan;

8. Mampu mempengaruhi orang lain agar berkunjung ke perpustakaan dan gemar membaca.

Penilaian yang dilakukan panitia berlangsung dari bulan Januari 2019 sampai dengan November 2019.

Hasil pemilihan Pemustaka terbaik tahun 2019, adalah sebagai berikut :

1. Esti Nuran Syamela    : Pemustaka Terbaik Tingkat SD/MI

2. Radiah                      : Pemustaka Terbaik Tingkat SMP/MTS

3. Faithu Arthuvachivo   : Pemustaka Terbaik Tingkat SMA/MA

4. Ahmad Safari R         : Pemustaka Terbaik Tingkat Perguruan Tinggi

5. Alfi Anshari, S.PDI     : Pemustaka Terbaik Pegawai Negeri Sipil

6. A. Siwayanta             : Pemustaka Terbaik Swasta/Umum.

(ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook