Jadi Tuan Rumah JIK, Gubernur Sugianto Tekankan Pentingnya Inovasi Untuk Penyederhanaan Birokrasi

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 23 Oktober 2019 21:43, Dibaca 344 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita dituntut untuk berinovasi menjadi alternatif untuk menjawab tuntutan masyarakat akan kemudahan dan peningkatan produktivitas, pelayanan publik, maupun mendukung daya saing daerah.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan bahwa Kalteng terus berupaya mendukung konsep rutin penyelenggaraan pameran produk inovasi.

(Baca Juga : Sebanyak 8.986 KK di Kab. Pulang Pisau Menerima Bansos Dari APBD Pemprov. Kalteng)

"Maksudnya tentu saja mendorong pengembangan konsep yang dapat memacu kreativitas masyarakat di iptek, serta sebagai sarana promosi hasil karya terbaik di bidang teknologi dan inovasi daerah," kata Gubernur Kalten Sugianto Sabran dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri.

Gubernur menyampaikan bahwa pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab yang berat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program dan kegiatan yang ada pada setiap perangkat daerah.

"Dimana dalam melaksanakan program tersebut tentu saja harus melalui tahapan-tahapan mulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa, dan pelaksanaan kegiatan itu sendiri dengan selalu berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga akan didapatkan hasil pembangunan yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat," jelasnya.

Berbicara tentang inovasi, tentunya bukan hanya suatu proses untuk menampilkan hasil kerja dan bukan hanya pengetahuan. Inovasi adalah budaya yang harus dibiasakan dalam menuntaskan program dan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Inovasi merupakan salah satu jalan pelayanan prima, salah satu jalan untuk membuka lapangan pekerjaan dan penyederhanaan birokrasi," ucapnya.

Hal lain yang tak kalah penting dari inovasi adalah guna memberikan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produksi dalam negeri, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah serta pembangunan berkelanjutan.


Acara Pembukaan Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) Tahun 2019 di GPU Tambun Bungai, Kota Palangka Raya, Rabu (23/10/2019). Kalteng menjadi tuan rumah Jambore Inovasi Kalimantan 2019.

Jambore Inovasi yang terselenggara atas kerja sama LAN RI dan BPSDM Prov. Kalteng tersebut dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Adi Suryanto. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 22 s.d. 25 Oktober 2019 ini menampilkan dan mempromosikan berbagai inovasi terbaik dari seluruh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Kalimantan.

Melalui JIK ini diharapkan dapat mendorong ketersediaan forum dan penguatan jejaring kerja inovasi Kalimantan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap berbagai inovasi yang terus dilakukan oleh para alumni diklat kepemimpinan.

Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekda Fahrizal Fitri mengatakan, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pemerintah hendaknya mampu menghadirkan berbagai inovasi yang menjawab tuntutan masyarakat atas kemudahan dan peningkatan pelayanan publik serta pertumbuhan daya saing daerah.

Turut hadir, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Tri Widodo, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah LAN Samarinda Mariman Darto, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD)/BPSDM se-Kalimantan. (ARP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook