Wakil Bupati Barito Utara Buka Pertemuan Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan PIS-PK Puskesmas

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 23 Oktober 2019 09:45, Dibaca 1,119 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - Dalam rangka meningkatkan peran Puskesmas dalam melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Indonesia Sehat, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kesehatan melakukan pertemuan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Puskesmas se-Kabupaten Barito Utara Tahun 2019.

Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Barito Utara, dan perwakilan TP PKK Barito Utara yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Teweh Tengah.

Dalam Laporan Ketua Panitia sekaligus Plt. Kepala Dinas Kesehatan, H. Siswandoyo menyampaikan jumlah peserta kegiatan sebanyak 80 orang dari 16 puskesmas, yakni masing-masing satu orang Kepala Puskesmas, 2 orang pemegang PIS-PK dan 2 orang petugas Puskesmas Pembantu. Untuk biaya pelaksanaan Kegiatan dibebankan pada DAK dan Non Fisik Dinas kesehatan Kabupaten Barito Utara tahun 2019.

Dalam sambutan Bupati Barito Utara, yang dibacakan oleh wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra menyampaikan bahwa penyelenggraan pembangunan kesehatan di Indonesia mengacu pada Sistem Kesehatan Nasional (SKN), yang memiliki visi dan misi pencapaian pemenuhan hak asasi manusia.

(Baca Juga : Keberadaan Angkot Perlu Perhatian Pemerintah)

"Pengelola kesehatan yang diselenggarakan oleh semua komponen bangsa Indonesia harus secara terpadu saling mendukung untuk tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya," jelas Sugianto.

Program pembangunan kesehatan Indonesia mengacu pada tiga pilar Program Indonesia Sehat yaitu mengedepankan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pemenuhan Universal Health Coverage melalui Jaminan Kesehatan Nasional.

"Pelaksanaan tiga program tersebut mempunyai target sasaran seluruh usia (Total Coverage) mengikuti siklus kehidupan (Life Cycle) sehingga integrasi pelayanan kesehatan dapat dilakukan lebih efektif jika melalui pendektan keluarga," kata Sugianto.

Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) ditekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersedian tenaga kesehatan, pembiayaan serta sarana prasarana termasuk program upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan perseorangan (UKP) yang mencakup seluruh keluarga dalam wilayah kerja puskesmas dengan memperhatikan management puskesmas.

"Agar pelaksanaan tersebut sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan, maka diperlukan upaya monitoring dan evaluasi secara berkala dan berjenjang," tutup Sugianto mengakhiri sambutan Bupati.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan juga penyerahan hadiah kepada Puskesmas Kandui dan Puskesmas Sikui yang telah memperoleh converage baik pada PIS-PK oleh Wakil Bupati Barito Utara serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama.  (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook