Pekan Ilmiah dan Seni FKIP UPR, Diharapkan Jadi Event Nasional

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 13 Oktober 2019 21:13, Dibaca 158 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Usai sudah kegiatan lomba Pekan Ilmiah dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya (FKIP- UPR ) 2019.

(Baca Juga : Gelar Simulasi CAT Bagi Siswa/Siswi Pendaftar Sipencatar 2020, Dishub Kobar Gandeng BKPP)

Kegiatan yang  dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik (Prodi Sendratasik)  tersebut, secara rersmi ditutup Wakil Dekan (Wadek) III FKIP-UPR, Rodhinus Sidabutar, mewakili Dekan FKIP UPR, Jony Bungai pada Sabtu (12/10) malam, di Kampus II, Prodi Sendratasik FKIP-UPR Jalan RA Kartini, Palangka Raya.

Kita perlu mengapresiasi kegiatan ini. Meski untuk pertama kalinya digelar, namun berjalan sukses. Diharapkan gelarannya dapat menjadi agenda tahunan FKIP UPR,” ungkap Rodhinus.

Menurutnya, jika melihat antusias peserta  dari kegiatan tersebut, maka sangat dimungkinkan pekan ilmiah dan seni, dapat digelar lagi ditahun akan datang,  dengan konsep yang lebih besar dan jenis lomba yang lebih banyak.

Sebagaimana menyambung harapan Rektor UPR, kegiatan ini didorong mampu menjadi event berskala nasional. Ya, karenanya Dekan FKIP UPR meminta kita untuk meningkatkan konsep penyelenggaraannya,” harap Rodhinus.

Selebihnya dia meminta agar para penggiat seni dan budaya dari kampus perguruan tinggi, baik dari UPR ataupun kampus perguruan tinggi lainnya, dapat terus mempersiapkan diri dan berlatih mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Perlu diingat, kegiatan lomba ini akan menjadi kegiatan rutin, dan tahun depan akan dilaksanakan dengan konsep serta pelaksanaan yang lebih baik” ujarnya.

Sementara itu ketua panitia pelaksana kegiatan yang juga Ketua Prodi Pendidikan Sendratasik FKIP UPR, Jimy O.Andin mengatakan, kegiatan lomba yang berlangsung dari  tanggal 09-12 Oktober 2019,  dengan diikuti sebanyak 350 peserta secara umum telah berjalan dengan baik.

Disebutkan, cabang lomba yang meliputi lomba mikro teaching, karya tulis ilmiah, tari daerah kreasi, vokal solo pop daerah Kalteng, cipta dan nyanyi karungut serta musikalisasi puisi, telah menghasilkan para peserta terbaik.

Untuk diketahui kata dia, selain melibatkan peserta di lingkungan internal civitas akademika UPR terutama FKIP UPR, kegiatan ini juga melibatkan peserta PT/PTS LPTK lainnya se Kalimantan. Seperti FKIP UNMUH Palangka Raya, Jurusan/Prodi Seni Pertunjukan UNKRIP, Jurusan/Prodi Seni dan Keagamaan IAHN Tampung Penyang.

Lalu Jurusan/Prodi Seni Musik Gerejawi STAKN, FKIP/Jurusan/Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Universitas Lambung Mangkurat, Jurusan/Prodi Pendidikan Sendratasik STIKIP PGRI Banjarmasin dan  STIKIP Muhamadyah Sampit.

Sebagaimana harapan dari Rektor UPR, kegiatan ini didorong agar bisa menjadi sebuah event nasional. Hal ini bisa kita wujudkan dengan upaya serta dukungan bersama-sama dari semua pihak,” tutur Jimy.

Adapun sebelumnya Rektor UPR Andrie Elia Embang pada saat pembukaan lomba mengaku mengapresiasi kegiatan yang digelar pihak FKIP UPR tersebut.

Diharapkan, kegiatan ini dapat diagendakan setiap tahun, guna mengasah kemampuan mahasiswa. Apalagi peserta yang datang tidak hanya dari Kalteng, tapi juga dari luar daerah. Jadi kedepan perlu ditingkatkan menjadi event yang berskala nasional,” beber Rektor.

Ungkapan yang sama disampaikan Dekan FKIP UPR  Jony Bungai, yang mengharapkan agar pekan ilmiah dan seni dalam pelaksanaannya kedepan dapat ditingkatkan.

Rektor UPR sangat mendukung  penuh, agar kegiatan ini dapat terus diasah dalam pelaksanaannya. Sebab itu ditahun akan datang kegiatan ini mampu dilakukan dengan lebih baik,” pungkas Jony. (MC. Isen Mulang.1)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook