Dorong Pengembangan Wisata Berkelanjutan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 01 Oktober 2019 20:06, Dibaca 158 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya meraih penghargaan yang membanggakan  di sektor pengelolaan wisata dari kementerian pariwisata RI, yakni berupa  penganugerahan penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019.

(Baca Juga : Optimalisasi Pajak Restoran dengan Pemasangan Alat Rekam Data Transaksi Online)

Kota Palangka Raya berhasil meraih penghargaan Green Silver kategori manfaat ekonomi melalui destinasi wisata Kereng Bangkirai.

Dengan adanya penghargaan ini diharapkan adanya penguatan  pengelolaan wisata yang berkelanjutan. Terutama dalam hal pemanfaatan ekonomi kreatif bagi masyarakat lokal,” ungkap Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, Selasa (1/10/2019).

Menurutnya, penganugerahan tersebut merupakan penghargaan tertinggi sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat untuk Kota Cantik, dalam membangun sektor parisiwata. Seperti halnya destinasi wisata di Kereng Bangkirai yang memiliki keunikan wisata air hitamnya, menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia kepariwisataan.

Sektor pariwisata akan terus kita dukung. Sebagai salah satu indikator pembangunan yang berkelanjutan,”tegas Umi.

Disisi lain orang nomor dua di Kota Palangka Raya ini menyebutkan, bila kerja sama antara pemerintah, instansi teknis hingga jajaran legislatif terus dilakukan. Terutama dalam mengupayakan pengelolaan terbaik sektor wisata. Sehingga sektor ini  dapat menjadi pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Selebihnya, mantan anggota DPRD Palangka Raya ini mengharapkan, adanya semangat bagi pengelola destinasi wisata, selain wisata yang ada di Kereng Bangkirai untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemahiran dalam mengelola pariwisata.

Tempat wisata lain di Palangka Raya ini kedepannya, diharapkan bisa menyusul Kereng Bangkirai,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook