125 Ha Wilayah Taman Nasional Sebangau Terbakar

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 25 September 2019 20:58, Dibaca 685 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Musibah kebakaran hutan juga melanda wilayah Taman Nasional Sebangau (TNS) yang berada di tiga wilayah yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Ben : Dengan Kebersamaan Karhutla Kapuas Dapat Diatasi)

Sejak Juli hingga September 2019 sudah ada 125 hektare yang terbakar di wilayah TNS. Selama tiga bulan ini pula terpantau 141 hotspot atau titik api.

Lahan yang terbakar ini tidak berupa hamparan, namun hanya dalam skala kecil. Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, Andi M Kadhafi menyebut wilayah TNS yang paling luas terbakar berada di daerah Kota Palangka Raya.

Dia menyebut asal api penyebab terbakarnya kawasan TNS berasal dari luar kawasan. Namun saat ini kebakaran kawasan relatif bisa dikendalikan oleh petugas TNS dan Manggala Agni.

Kalau saat ini terpantau 1 titik saja,” kata Khadafi, Rabu (25/9/2019). Luas TNS 540 ribu hektare yang membentangi Sungai Sebangau dan Sungai Katingan. Saat ini lahan yang terbakar hanya sekitar 0,003 persen.

Tim TNS dan Manggala Agni terus melakukan pemadaman melalui darat, sedangkan dari udara juga dibantu oleh helikopter water boombing. Jadi kobaran api bisa diperlambat, sehingga lahan yang terbakar juga bisa diminimalisasi. (MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook