Pemerintah Harus Maksimalkan 2 Pelabuhan

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 16 September 2019 09:29, Dibaca 158 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng)  mendorong pemerintah daerah, untuk memaksimalkan dua pelabuhan besar yang ada di provinsi tersebut. Wakil rakyat dari Dapil V yang meliputi Pulang Pisau dan Kapuas Yohanes Freddy Ering menuturkan Pelabuhan Bahaur dan Batanjung, memiliki fungsi penting bagi sektor ekonomi masyarakat.

“Keduanya, bisa menjadi fasilitas serta penopang ekonomi di Kalteng dan ini sangat penting, bagi lini tersebut agar bisa dimaksimalkan,” ujarnya, di sela-sela rapat kerja belum lama ini. Dirinya menyebut keberadaan pelabuhan tersebut berdampak pada perputaran arus barang dan jasa, yang semakin cepat.

(Baca Juga : Dewan Berharap Perpustakaan Kalteng Terapkan Basis Teknologi)

Itu artinya, ucap dia, pertumbuhan ekonomi mendapat dukungan yang optimal, dari sarana tersebut. Maka wajar pihaknya menginginkan agar pemerintah provinsi, benar-benar wajib memaksimalkan Pelabuhan Bahaur yang ada di Pulang Pisau dan Batanjung yang berlokasi di Kabupaten Kapuas itu.

Legislator senior PDI-P itu menegaskan, ketika benar-benar difungsikan sesuai harapan, maka kelancaran arus transportasi barang dan jasa, tidak lagi bergantung pada provinsi tetangga. “Kalau ini dioptimalkan serta maksimal, maka kita tidak bergantung pada provinsi tetangga untuk arus transportasi barang dan jasa. Artinya pelaksanaan itu, membuka bahkan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar pria murah senyum tersebut.

Freddy juga mengharapkan, utamanya sarana dan prasarana (sarpras) akses jalan menuju pelabuhan wajib lancar dan tidak terkendala apapun. Output jelas menarik antusias masyarakat, dalam menggunakan dua pelabuhan tersebut. Dirinya sepakat kalau menyebut keberadaan keduanya cukup strategis, dimana memiliki dampak positif bagi masyarakat.

“Maka untuk itu sekali lagi kami harapkan agar pemerintah provinsi benar- benar memaksimalkan keberadaanya, demi peningkatan roda ekonomi masyarakat Kalteng yang lebih baik,” ujarnya mengakhiri.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook