Smart City Nusantara, Inovasi Kota Pintar

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 13 September 2019 23:04, Dibaca 27 kali.


MMCKalteng – Jakarta - Baru-baru ini Kadis Kominfo SP Kabupaten Murung Raya Bimo Santoso beserta staf Bidang E-gov Yowan Nor Herianda mengunjungi Laboratorium Smart City Nusantara PT Telkom, Jl. Gunung Sahari Jakarta. Kamis (12/09).

Bimo mengutip penjelasan Manajer Smart City Harun Triantoro menjelaskan bahwa “Smart City Nusantara adalah Inovasi Kota Pintar untuk Indonesia. Kota-kota di Indonesia termasuk Kota Puruk Cahu perlu didorong untuk menjadi kota yang Smart, lebih cerdas”.

(Baca Juga : Rapat Paripurna Serijab Bupati Seruyan)

Menutut penjelasan Manajer Smart City, dari hasil riset World Economic Forum pada 2015, beberapa tantangan di Indonesia adalah korupsi, birokrasi yang tak efisien, dan supply infrastruktur yang tak memadai.


Salah satu yang ditawarkan Telkom untuk memangkas hal tesebut adalah dengan Smart City Nusantara yaitu percepatan pemanfaatan Teknologi ICT untuk mewujudkan tata kelola Pemerintah daerah serta untuk layanan kepada masyarakat.

Smart City Nusantara terdiri dari Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari :

-Smart Government,

-Smart Education,

-Smart healthcare,

-Smart Security,

-Smart Transportation,

-Smart Environment dan

-Smart Citizen.

Kelebihan lain dari konsep Smart City Nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi Smart City dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Kini, Konsep Smart City Nusantara yang diusung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah diadopsi 200 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

"Semoga kedepan Kab. Murung Raya bisa mengadopsi konsep Smart City Nusantara". Pungkas Bimo mengakiri pembicaraan. (DiskominfoSP_MC: Anr).

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook