Kalteng Trade Expo 2019 Resmi Dibuka

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 07 September 2019 20:00, Dibaca 1,252 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri membuka secara resmi kegiatan Kalteng Trade Expo (KTE) 2019 yang dilaksanakan di arena pameran Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya, mulai tanggal 07-11 September, yang dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.30 WIB setiap hari.

Gubernur Kalteng dalam sambutannya menyampaikan, Provinsi Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah terluas kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua atau memiliki luas kurang lebih satu setengah kali luas pulau Jawa. Wilayah yang sedemikian luas tersebut patut kita syukuri bersama karena memiliki potensi sumber daya alam yang begitu besar mulai dari potensi kawasan perairan, potensi di bawah permukaan hingga potensi sumber daya diatas permukaan bumi tercinta isen mulang ini.

(Baca Juga : Resmikan Gedung Baru Disperkimtan, Gubernur Sugianto Harapkan ASN Semangat Memberikan Pelayanan)


"Kesemuanya itu disamping menjadi kebanggaan, tentulah memiliki tantangan tersendiri bagaimana kita mengkonversikan segenap sumber daya alam yang kita miliki tersebut menjadi bernilai ekonomis tinggi bagi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah khususnya, bahkan mampu berkontribusi secara ekonomi bagi pembangunan nasional. Untuk itu maka pengembangan sektor perdagangan baik dalam maupun luar negeri memegang peranan penting dan strategis yang harus terus kita maksimalkan," ucap Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kalteng.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty, S.H., M.H yang diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan luar Negeri Adi Soebeno menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan KTE 2019 ini adalah meningkatkan citra Provinsi Kalimantan Tengah dan bangsa Indonesia di dunia internasional melalui berbagai potensi kekayaan alam, kreatifitas dan budaya yang ditranslasikan menjadi berbagai produk yang berkualitas, berdaya saing dan berstandar internasional.


"Kemudian ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan yang tangguh dan mandiri melalui kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah yang berkembang di masyarakat," tuturnya.

Peserta kegiatan KTE di zona indoor sebanyak 32 stand sedangkan zona outdoor dan sarnavile ukuran 5x5 meter 16 stand serta ukuran 3x3 meter sebanyak 3 stand yang terdiri dari stand indoor. Peserta pameran yang berpartisipasi mengisi stand indoor adalah Kabupaten Seruyan, Katingan, Sukamara, Kotawaringin Timur, berikut beberapa SOPD Provinsi Kalimantan Tengah dan Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan peserta pameran yang berpartisipasi mengisi stand outdoor adalah para UKM lokal dan nasional.

"Bersamaan dengan kegiatan Kalteng Trade Expo 2019 ini, juga dilaksanakan Pasar Rakyat guna menampung para pedagang kecil yang akan mengambil bagian untuk menampilkan barang dagangannya sehingga mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk berusaha. Kegiatan Kalteng Trade Expo 2019 ini terlaksana atas kerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan event organizer PT. Putra Rafi Kreasi," jelasnya. (ARP/Foto:)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook