Tinjau Food Estate, Wagub Kalteng Pastikan Infrastruktur Pendukung Memadai

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 September 2021 15:42, Dibaca 202 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo melakukan peninjauan saluran irigasi di kawasan  Food Estate yang berada di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Sabtu (25/9/2021).

Kunjungan Wagub kali ini ingin  melihat secara langsung progres pembangunan infrastruktur irigasi di kawasan Desa Bentuk Jaya A5.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Lakukan Silahturahmi Dengan Kepala OPD dan Tokoh Masyarakat Barsel)

“Progres percepatan food estate terutama untuk pembangunan jaringan-jaringan irigasi  perlu segera digenjot. Supaya penanaman padi bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya”, ucap Edy disela-sela kunjungannya.

Dikutif dari Nasional.tempo.co, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Ali Jamil mengatakan sejak tahun 2020, progres kegiatan pengembangan Food Estate Kalteng dari aspek infrastruktur irigasi, Kementerian PUPR sudah mulai melakukan rehabilitasi infrastruktur irigasi pada luasan 2.000 hektar di wilayah Kecamatan Dadahup. Tahun 2021 ini, Kementerian PUPR fokus pada kegiatan rehabilitasi infrastruktur irigasi di wilayah Blok A seluas 43.503 hektar, dimana saat ini sedang berjalan kegiatan konstruksi perbaikan jaringan irigasi.

H. Edy Pratowo berharap pembangunan infrastruktur baik irigasi maupun jaringan di kawasan pengembangan food estate yang berada di Desa Bentuk Jaya A5 dapat segera difungsikan.

“Kita terus mendorong agar pembangunan infrastruktur terkait dengan irigasi dan jaringan dapat dibangun dengan baik sehingga proses penanaman padi di kawasan food estate dapat segera tercapai”, pungkas Edy.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Kementerian terkait telah mempercayakan Prov. Kalteng melaksanakan program pengembangan food estate sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa. Kawasan lokasi lumbung pangan tersebut berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Food Estate ini menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.

Wagub didampingi Forkopimda Prov. Kalteng, Pj. Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.(wdy/foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook