Apel Siaga Darurat Bencana KARHUTLA Kabupaten Murung Raya Tahun 2019

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 08 Agustus 2019 13:20, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng – Murung Raya - Kabupaten Murung Raya memiliki luas wilayah sekitar 23.700 KM2 yang di dominasi oleh pegunungan, perbukitan, hulu sungai dan riam-riam. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Kabupaten Murung Raya memiliki hutan sebesar 1.235.937 HA.

Apel Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Kabupaten Murung Raya (Mura) Tahun 2019 dilaksanakan di halaman kantor Bupati Murung Raya. Kamis (08/08) Pagi.

(Baca Juga : Kandang Penyangga Untuk Antisipasi Inflasi Daging Ayam)


Hadir dalam Apel Siaga Darurat Bencana KARHUTLA Kabupaten Murung Raya Tahun 2019 Bupati Murung Raya yang diwakili oleh Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, perwakilan POLRES Murung Raya beserta jajaran, Dandim 1013 Muara Teweh yang diwakili Perwira Penghubung beserta jajaran, Para Asisten Sekda Kabupaten Murung Raya , Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Murung Raya beserta jajaran, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Murung Raya, Kepala UPTD KPHP Unit 2 Kabupaten Murung Raya, peserta Apel Siaga Darurat Bencana KARHUTLA Kabupaten Murung Raya Tahun 2019 dan Insan pers.


Dalam sambutan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph yang disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor mengatakan, “Penyebab kebakaran hutan dan lahan 90% adalah akibat ulah manusia, baik yang dilakukan secara sengaja maupun akibat kelalaian, faktor alam juga turut mendukung dalam penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seperti kemarau panjang dan terjadinya gejala El Nino”.

“Apel Siaga Darurat Bencana KARHUTLA Kabupaten Murung Raya Tahun 2019 ini merupakan kerangka partisipatif antara Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, perusahaaan dan masyarakat lokal secara umum melalui revitalisasi kearifan lokal dan pengintegrasian teknologi modern dalam pengendalian dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Pengendalian kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab semua pihak, baik Pemerintah, masyarakat maupun swasta, sehingga keberhasilan dalam rangka pengendalian kebakaran hutan dan lahan sangat tergantung dari peran aktif serta komitmen para pihak terkait”. Tegas Rejikinoor. (DiskominfoSP_MC: Anr).

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook