Tim Kementerian Pariwisata Lakukan Kunjungan Lapangan Ke Desa Wisata Kereng Bangkirai

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 23 Juli 2019 10:58, Dibaca 363 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kota Palangka Raya merupakan ibukota Provinsi Kalteng, memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan kondisi alam, flora dan fauna, serta keanekaragaman seni budaya dayak. Kementerian Kepariwisataan RI, mengadakan kegiatan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) tahun 2019. Tim dari Kementerian Pariwisata lakukan kunjungan lapangan ke Desa Wisata Kereng Bangkirai Jalan Mangku Raya Palangka Raya, Senin (22/7/2019).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Hj. Norma Hikmah, dalam sambutannya menyampaikan, “Kementerian Kepariwisataan RI melakukan ISTA 2019 dan Desa Wisata Kereng Bangkirai masuk dalam  37 nominasi ISTA 2019”, hal ini menjadi semangat bagi pelaku usaha pariwisata dan pengelola kawasan wisata agar maju.

(Baca Juga : Pedagang Kaki Lima di Sekolah Sekolah Jangan Menggunakan Bahu Jalan)

Desa wisata Kereng Bangkirai merupakan salah satu dari 12 desa wisata di Kota Palangka Raya, dengan jarak tempuh sekitar 12 Km atau 18 menit mengunakan transportasi darat. Desa Wisata Kereng Bangkirai memiliki keunikan tersendiri yaitu keberadaan air hitam dan kita dapat berinteraksi dengan kehidupan sosial budaya masyarakat.

Desa Wisata Kereng Bangkirai merupakan pintu masuk utama menuju kawasan Taman Nasional Sebangau yang merupakan ekosistem rawa gambut yang unik, tempat bagi 6000 lebih orang utan liar yang terbesar didunia. Sehingga tidak heran menjadi salah satu pusat penelitian seluruh dunia.

Dari data jumlah kunjungan Wisatawan ke Kota Palangka Raya pada tahun 2018 tercatat Wisatawan Mancanegara 4.975 orang dan Wisatawan Nusantara 310.855 orang. Dan diharapkan pada tahun 2019 target jumlah kunjungan naik 15 persen dari tahun 2018. Untuk itu dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama semua pihak untuk mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, ungkap Norma Hikmah. (MC. Isen Mulang).

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook