Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Kepramukaan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 22 Juli 2019 13:30, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Siswa baru SMAN 5 Palangka Raya mengikuti perkemahan blok. Kegiatan ini diadakan setelah beberapa hari mereka mengikuti masa pengenalan lingkungan Sekolah (MPLS).

Kemah blok yang diikuti 215 siswa kelas X tahun pelajaran 2019/2020 ini dibuka oleh Kepala SMAN 5 Palangka Raya sekaligus Ketua Mabigus 227—228, Arbusin bertindak sebagai pembina upacara.

(Baca Juga : Tarian Kolosal Memperingati HUT Ke-59 Kabupaten Kotawaringin Barat)

Perkemahan blok ini merupakan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Kegiatan ini juga sesuai amanat implementasi Kurikulum 2013.

Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan SMA5 Palangka Raya, selama dua hari 19-20/7/ 2019. Melalui kegiatan ini para siswa diharapkan lebih menghayati, mengamalkan, dan melaksanakan Dasa Darma dan Tri Satya sehingga memiliki karakter yang kuat.

Arbusin mengajak para siswa bisa bersikap dan berbuat yang terbaik dan memberikan yang terbaik untuk sekolah. Siswa harus menaati tata tertib, melaksanakan kewajiban, belajar dengan sungguh-sungguh, dan berusaha untuk meraih prestasi terbaik.

SMAN 5 Palangka Raya membuka kesempatan kepada siswa untuk belajar dan mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan. Jadi, peluang memberikan yang terbaik untuk sekolah harus benar-benar dimanfaatkan.

Adapun materi yang disampaikan dalam perkemahan blok ini seperti implementasi kepramukaan dalam kurikulum 2013, muatan pendidikan kepramukaan, sejarah dan teknik kepramukaan.

Diadakan pula lomba memasak, api unggun, pentas seni, lomba cepat tepat, latihan keterampilan baris berbaris. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook