Kepala DKISP Ajak Bijak Gunakan Medsos

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 05 Februari 2018 14:32, Dibaca 357 kali.


MMCKalteng - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Pulang Pisau, Moh. Insyafi mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Sebangau Kuala untuk bijak dan benar menggunakan Media Sosial (Medsos). Hal itu disampaikan pada saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sebangau Kuala, di aula Kantor Kecamatan Sebangau Kuala, Senin (5/2).

Dengan bijak bermedsos kita terhindar dari masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum, jangan terlalu mudah untuk menyampaikan informasi yang didapat dari sumber yang masih belum jelas, katanya.

(Baca Juga : Kadis Kominfo Sambut Kedatangan Peserta Diklat PIM)

Kita perlu tahu hal-hal positif dan negatif akibat dari penggunaan medsos. "Jangan sampai dengan adanya medsos, kita malah menjadi korban dari kesalahan kita perbuat sendiri," tegas Insyafi.

Mengingat ini memasuki tahun politik, harapannya masyarakat lebih berhati-hati dalam menyampaikan informasi, ungkapnya.

Insyafi juga menambahkan, diharapkan untuk Kecamatan Sebangau Kuala untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), karena KIM dibentuk sebagai mitra kerja pemerintah dalam menyampaikan informasi dan komunikasi kepada masyarakat.

"KIM adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah," jelasnya.

Selain itu, lanjut Insyafi, keaktifan dan optimalisasi yang dilakukan KIM juga dapat membantu masyarakat untuk menyaring informasi yang benar dan yang salah.

“Jadi masyarakat tidak sekadar mendapatkan informasi semacam berita bohong (Hoax), tetapi informasi yang disampaikan tersaring dan akurat,” kata Insyafi.

Harapannya dengan adanya KIM ditiap-tiap Kecamatan, Desa/Lurah bisa menjadi bahan diskusi masyarakat untuk memilih dan memilah kebenaran suatu informasi yang sudah beredar di masyarakat ataupun medsos, tutupnya. (MC. Pulang Pisau/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook