Penderita kanker semakin bertambah, Pemerintah siapkan anggaran untuk pasien tidak mampu.

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 05 Februari 2018 15:05, Dibaca 1,029 kali.


MMCKalteng-Dr. Rian Tangkudung, direktur RSUD dr. Doris Sylvanus mengatakan jumlah pasien penderita kanker saat ini memang mengalami peningkatan dengan kondisi penyakit bermacam-macam, mulai yang stadium awal sampai pada yang parah sekalipun. Hal ini disampaikannya saat memperingati acara Hari kanker Sedunia (5/2).

Para penderita kanker kebanyakan adalah perempuan yang kebanyakan mengidap kanker payudara dan saat ini memang menjalani rawat inap serta penderita kanker paru-paru yang menjalani rawat jalan yang semuanya ditangani langsung oleh dokter spesialis kanker.

(Baca Juga : Workshop Penguatan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bagi Forum Komunikasi PUSPA Provinsi Kalimantan Tengah)

"Diharapkan agar semua pasien bisa terdaftar dalam BPJS, bagi yang ingin memperoleh bantuan dari pemerintah provinsi, kepengurusannya bisa melalui Dinas kesehatan, kalaupun belum terdaftar dan sudah terlanjur masuk, pihak rumah sakit akan melayani pihak pasien pengidap kanker secara gratis bagi pasien yang memang tidak mampu", ujar dr. Rian. Pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi pun sudah menyiapkan anggaran untuk para pasien yang memang membutuhkan bantuan.

Rata-rata pasien merupakan pasien rujukan dari daerah, dan merupakan hasil penjaringan pihak rumah sakit dan ada pula dari penjaringan pihak relawan yang peduli terhadap penyakit kanker ini.

dr. Theo, Humas RSUD Doris Sylvanus menambahkan, saat ini pihak rumah sakit juga memfasilitasi 8 pasien yang menderita kanker payudara, kanker usus besar dan kanker tiroid yang ditempatkan di asrama rumah sakit, dikarenakan pihak pasien tidak mampu dan tidak mempunyai keluarga.  (EAP/Foto: Yudis)

 

 

 

 

 

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook