UKS Bukan Sekedar Pelengkap di Sekolah

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 26 Juni 2019 14:45, Dibaca 224 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah mendorong unsur-unsur terkait disetiap sekolah, untuk memompa kembali semangat para pengurus Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam membangun budaya sehat sejak dini pada anak-anak sekolah.

“Dalam menyusun program diperlukan inovasi dan kreasi agar UKS tidak hanya sekedar kegiatan saja, namun juga memiliki terobosan nyata bagi kesehatan anak -anak di sekolah,” ungkapnya.

(Baca Juga : Wabup Laksanakan Safari Ramadhan Perdana)

Berbicara pada kegiatan sosialisasi UKS di SD Muhammadiyah, Selasa (25/6/2019), Umi menjelaskan, bahwa pembinaan UKS  juga telah  termaktub dalam kebijakan Kementerian Agama, dimana UKS dibangun atas tiga unsur, yaitu pendidikan, kesehatan dan agama.

Selaku ketua pembina UKS di Kota Palangka Raya lanjut Umi, dirinya tetap mengingatkan, bahwa  selain pendidikan dan kesehatan, maka agama juga menjadi unsur penting untuk membangun generasi bangsa.Agar nantinya tercipta generasi yang sehat jasmani dan rohani.

Selain itu dengan adanya kegiatan UKS , diharapkan dapat mencegah hadirnya generasi yang lemah, generasi rusak moral. Terlebih bahaya narkoba yang kian hari menjadi sesuatu yang memprihatinkan. Maka diperlukan tindakan untuk mejaga generasi agar tidak terjerumus.

“UKS ini adalah salah satu wadah bagi anak-anak sekolah untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif. Oleh karena itu pembinaaan UKS harus terus dilakukan,” cetusnya.

Selebihnya Umi menilai, bahwa keberadaan UKS di sekolah sangatlah penting, oleh sebab itu, jangan menjadikan UKS sebagai salah satu pelengkap saja di sekolah, akan tetapi fungsi dari UKS di sekolah itu, perlu dioptimalkan. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook