Coba Resep Kuliner Coto Manggala Khas Pangkalan Bun

Kontribusi dari Misyuwe, 01 Februari 2018 15:29, Dibaca 4,308 kali.


MMCKalteng- Banyak cara dan variasi dalam mengolah soto manggala untuk dapat dinikmati sesuai dengan resep dan selera penikmat. Soto Manggala  sendiri merupakan kuliner khas dari Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Soto Manggala asal Pangkalan Bun ini cukup unik, jika kebanyakan soto lain menggunakan bahan dasar nasi, ketupat, ayam dan dicampur bahan lainnya maka, soto ini menggunakan singkong yang menjadi bahan dasarnya.  Soto manggala ini disebut juga dengan Soto Ketela.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng: Rencana Pembangunan Pipa Ruas Transmisi Trans Kalimantan ini merupakan Rencana Strategis yang sangat penting)

Manggala memiliki arti singkong atau ketela. Sehingga, jadilah nama soto ini soto manggala. Singkong yang digunakan sebagai pengganti nasi atau ketupat ini haruslah singkong yang empuk sehingga menambah kelezatan saat disantap.

Bahan yang harus disiapkan untuk mengolah soto manggala yaitu, manggala (ketela/singkong) 1 kg, ceker  ayam yang telah dipotong kecil-kecil, atau ayam kampung sesuai selera, daun bombai 1 ons, seledri secukupnya, bawang goreng seperlunya, kayu manis 1 buah (10 cm), penyedap rasa, air 2 liter, secukupnya, bawang putih , merica, garam, bihun secukupnya, wortel, kerupuk ikan pipih, Jahe & bumbu dapur lainnya.

Cara memasaknya pun cukup mudah untuk dipraktikan, dimulai dengan memotong ketela membentuk kotak-kotak (seukuran kelereng), ulek racikan bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam, kemudian bumbu ditumis, rebus ketela yang telah dipotong-dipotong (setengah matang) setelah itu buang airnya.

Tambahkan air kembali biarkan hingga mendidih, masukan kembali ketela yang masak setengah matang, potongan-potongan ceker  ayam dan racikan bumbu yang telah diulek tadi dan bawang bombay dsan beri penyedap rasa dan garam. Masak beberapa menit hingga katela terasa sudah empuk.

Hidangkan dengan taburan seledri, bawang goreng dan irisan jeruk nipis, akan terasa lebih sedap bila didampingi dengan kerupuk ikan pipih, dan Soto Manggala anda sudah siap untuk dinikmati. (Yuwe/Foto: Net)

Misyuwe

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook