Kuliner Kerupuk Basah Khas Pangkalan Bun dan Resep Pengolahannya

Kontribusi dari Misyuwe, 01 Februari 2018 11:38, Dibaca 6,370 kali.


MMCKalteng- Kuliner kerupuk basah khas dari Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat menjadi pilihan yang cocok untuk dicoba sehingga, jika ke Pangkalan Bun harus mencicipi kuliner yang unik dari namanya ini. Selain dapat menikmati kuliner unik ini akan menarik lagi menikmati dan dapat mengolahnya kembali untuk dikonsumsi sendiri, keluarga ataupun bisa menjadi sumber pemasukan ekonomi.

Kerupuk basah khas Pangkalan Bun ini memiliki keunikan dari kerupuk yang kita kenal pada umumnya yang berstektur gurih dan menghasilkan bunyi saat kita menggigitnya. Berbeda dengan kerupuk basah ini yang berbahan  dasar ikan tenggiri atau ikan belida yang cara pengolahannya dicampur dengan tepung sagu atau tepung kanji, bawang putih dan bumbu-bumbu dapur lainnya sehingga menambah cita rasa khas dari kerupuk ini.

(Baca Juga : Pembukaan Rakordal Prov. Kalteng Triwulan I Tahun 2018)

Bahan-bahan yang disiapkan jika ingin mengolahnya yaitu siapkan, 1 kg daging ikan tenggiri/ikan belida segar, 500 gr tepung sagu/kanji, 6 siung bawang putih ditumbuk halus, ½ sendok makan merica bubuk, 3-4 gelas air, garam secukupnya, penyedap rasa. 

Cara pengolahannya yaitu, daging tenggiri/belida, air, bawang putih, merica, garam dan penyedap rasa diaduk sampai rata masukan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai bisa dibuat panjang/lenjer besar. Kemudian dibentuk dan masukan kedalam air yang mendidih dan tunggu 30-40 menit dan mengapung lalu diangkat. Kerupuk basah bisa dimakan langsung, digoreng atau dibakar seperti sate sesuai selera.

Jika ingin mengolahnya dengan cara dibakar, maka kerupuk basah yang sudah direbus digoreng kembali dan dipotong-potong,,selanjutnya dimasukan pada tusukan sate lalu dibakar dan dioles dengan bumbu sesuai selera bisa rasa manis atau pedas, guna menambah cita rasa pada kerupuk basah ini sehingga menjadikan rasanya gurih manis pedas dilidah. 

Lezatnya kuliner ini menjadi terasa nikmat disajikan saat masih hangat. Selamat menikmati dan mencoba resepnya. (Yuwe/ Foto: Net)

Misyuwe

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook