Gubernur Kalteng : Vaksinasi di Kalteng Dosis I Mencapai 70,31 Persen

Kontribusi dari Widia Natalia, 15 Desember 2021 11:17, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pemprov. Kalteng berusaha mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) melalui vaksinasi. Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan vaksinasi secara menyeluruh sampai ke pelosok-pelosok.

Untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan lancar dan mencapai target, H. Sugianto Sabran meninjau langsung setiap pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kalteng. Sugianto terus mengupayakan agar stok vaksin bisa selalu tersedia dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat.

(Baca Juga : Hadiri Wisuda Sarjana S-1 Angkatan XVIII Universitas PGRI Palangka Raya, Andi Arsyad : Pendidikan Tinggi Kalteng Harus Mampu Kembangkan Pendidikan Berorientasi Standar Kompetisi Nasional dan Internasional )

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Massal di SMAN 1 Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Sabtu (12/6/2021) lalu, Gubernur H. Sugianto Sabran mengatakan target pemberian vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Barito Selatan sampai dengan Bulan Desember 2021 harus bisa mencapai 70 persen.

Hal yang sama disampaikan Gubernur setiap kali peninjauan vaksinasi di Daerah lainnya, bahwa kunci mengakhiri Covid-19 hanya dengan 2 cara, yakni percepatan vaksinasi dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Kita harus kebut, target yang melakukan vaksin sampai dengan Bulan Desember 2021 bisa mencapai 70 persen lebih dari sasaran target. Alhamdulilah saat ini kita sudah mencapai 70 persen lebih untuk dosis pertama, dan dosis II terus kita kebut ” ucap H. Sugianto Sabran di ruang kerjanya, Senin (14/12/2021).

H. Sugianto Sabran berharap animo dan kesadaran masyarakat Kalteng untuk melaksanakan vaksinasi yang cukup tinggi ini terpenuhi dengan ketersediaan stok vaksin dari Pemerintah Pusat.

“Vaksin tersedia, semua sektor khususnya Dinas Kesehatan harus bekerja keras untuk menjangkau vaksinasi hingga ke pelosok-pelosok. Hal lain Peran dari pemkab dan pemkot sangat strategis dan menjadi garda terdepan dalam pelayanan vaksinasi di daerahnya” tegas Sugianto.

Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul saat diwawancarai MMC, mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 dosis I untuk tingkat Prov. Kalteng telah mencapai 70,31%. Dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng terdapat 8 Kabupaten yang belum mencapai 70% diantaranya Katingan 65,20%, Barito Utara 60,55%, Kapuas 48,39%, Murung Raya 64,56%, Barito Selatan 62,61%, Pulang Pisau 66,38%, Gunung Mas 59,98% dan Kotawaringin Timur 68,21%.

Suyuti Syamsul juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Kotawaringin Barat juga telah melaksanakan vaksinasi tahap pertama vaksinasi untuk anak usia 6 -11 tahun.

“Dorongan dan semangat dari bapak Gubernur dalam percepatan vaksinasi, telah menumbuhkan spirit luar biasa bagi kita di lapangan dalam melaksanakan vaksinasi” ungkap Suyuti.(AS&WDY/Foto:MMC)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook