Multimedia Center Sebagai Penguatan Produksi dan Layanan Informasi Publik di Masa Kepemimpinan Sugianto-Habib

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 25 Mei 2019 11:00, Dibaca 370 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tak dipungkri lagi, infrastuktur digital pemerintahan harus terus dibangun di era pemerintahan modern. Sektor ini akan menjadi tulang punggung menciptakan sebuah ekosistem digital yang mapan, layanan pemerintahan yang efisien, dan tentu tercipta sistem kontrol yang efektif, Sabtu (25/5/2019).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) sejak 2016 dimasa Pemerintahan Gubernur H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya terus berbenah menata infrastruktur dan melakukan berbagai terobosan dalam layanan informasi daerah, diawali dengan adanya Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Stastistik diawal tahun 2017 sampai dengan tahun 2019.

(Baca Juga : Staf Ahli Gubernur Buka Sosialisasi Pergub Penyelenggaraan Persandian Untuk Pengamanan Informasi)

Dibangunnya Gedung Smart Province sebagai Pusat Layanan Informasi Pemerintah Daerah. Dua tahun sejak dibentuk, berbagai terobosan sudah dilakukan Pemprov Kalteng lewat Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kalteng.

Pemerintah harus terlibat secara konstan dalam proses pertukaran informasi dan komunikasi mengenai kebijakan, ide, gagasan dan kebijakan dengan masyarakat sebagai penerima dan pelaksana kebijakan. Komunikasi pemerintah yang berkualitas membantu pencapaian tujuan pemerintah dan meminimalisir krisis atau konflik.

Asa memiliki saluran komunikasi yang efektif untuk penyampaian informasi dalam kemasan yang menarik mulai ada sejak dibentuknya Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah (MMCkalteng), unit kerja dalam koordinasi Dinas Kominfo Prov.Kalteng diakhir tahun 2017, untuk mengatasi kesenjangan antara begitu banyaknya informasi yang dimiliki oleh pemerintah tapi tidak tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Unit ini bertugas memproduksi  informasi yang dimiliki pemerintah daerah dalam bentuk foto, text, video, infografis dan videografis kemudian menyampaikan kepada masyarakat lewat berbagai channel informasi, baik yang dikelola sendiri maupun bermitra dengan media lokal dan nasional.

Website mmc.kalteng.go.id salah satu saluran informasinya sudah mencatat lebih dari dua juta page view di Mei 2019. Kanal sosial media sosial instagram dengan alamat akun @diskominfokalteng memiliki 24 ribu folowers dan terus meningkat, begitu juga dengan twitter @kominfo_kalteng , youtube channel @dskominfokalteng, dan fan page facebook @mmckalteng dan @mmctv.

Tidak sedikit pengguna sosial media yang didominasi kaum millenial memberikan apresiasi adanya terobosan ini, informasi pemerintah daerah yang biasanya terkesan kaku dapat dinikmati di media sosial dengan gaya kekinian.

“Penikmat informasi dari media konvensional mulai bergeser ke digital, dan trendnya meningkat, sebagai langkah strategis, pemerintah harus melakukan transformasi model komunikasi, dan sosmed salah satunya.” Jelas Herson B. Aden selaku Kepala Dinas Kominfo Kalteng.

Perubahan pola komunikasi  diera digital, dengan semakin masifnya penetrasi internet, diproyeksikan akan semakin mempercepat transformasi ke pola komunikasi model baru, yang menuntut adanya perubahan pola komunikasi pemerintah kepada publik.

Premis ini bukan tanpa alasan yang mendasar, merujuk 2018 Global Digital Report terkait pengguna internet di Indonesia, menunjukkan telah mencapai angka 132 juta orang atau berkisar 50% dari penduduk dengan durasi penggunaan internet 8 jam 51 menit setiap harinya.

“Konsistensi dalam hal produksi merupakan tantangan, selain terus menemukan ide baru, namun setidaknya kita sudah memulai terobosan dan dari jumlah viewrs, followers, maupun intensitas komentar warganet dalam setiap postingan kami, menunjukan ada ruang dialog yang baik pemerintah dengan masyarakat, dan itu pertanda baik” tutur Herson B Aden, menutup cerita tentang MMCKalteng. (Release Diskominfo Kalteng)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook