Pemkot Perlu Tinjau Kembali Retribusi Pariwisata

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 21 Mei 2019 12:10, Dibaca 922 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza menyoroti belum optimalnya retribusi sektor pariwisata.

Oleh karena itu pihaknya meminta agar target pendapatan asli daerah (PAD) yang dibebankan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya ditinjau lagi.

(Baca Juga : Pelantikan Ketua PKK Kecamatan)

Ia melihat retribusi karcis dan parkir di kawasan objek pariwisata masih rendah. Solusinya harus melibatkan Pokdarwis agar retribusi tersebut bisa meningkat.

“Soal parkir, tugas dinas perhubungan untuk menatanya dan soal karcis tugas dinas budpar dengan Pokdarwis,” kata Nyta saat rapat evaluasi penerimaan pajak dan penyusunan target 2020, Senin (20/5/2019).

Nyta mengharapkan ke depannya Dinas Pariwisata dan Kebuyadaan Kota Palangka Raya harus lebih maksimal lagi dalam memberdayakan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Sebab Pokdarwis merupakan pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam memajukan industri kepariwisataan. (Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook