Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah Gelar Rapat Terkait Produk Pertanian dan Permasalahannya

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 07 Mei 2019 11:25, Dibaca 448 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah (TPPKB) mengadakan rapat menindak lanjuti kunjungan lapangan ke Kabupaten Kapuas terkait dengan produk pertanian dan permasalahannya pada tanggal 11 dan 12 April 2019 bertempat di ruang rapat Asisten Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (7/5).

Rapat dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, Nurul Edy.

(Baca Juga : DPRD Kalteng Gelar Rapat Paripurna Ke-I Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2018)

TPPKB yang diwakili oleh Dr. Bulkani, M.Pd memaparkan kegiatan terkait kunjungan ke Kabupaten Kapuas tepatnya di desa Terusan Makmur, desa Terusan Karya, dan Desa Mulya Kecamatan Bataguh yang ditempuh kurang lebih 1 jam melalui jalur sungai, serta menuju lokasi sentra/lumbung padi di desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup melalui jalan darat dari kota Kuala Kapuas kurang lebih 2 jam.

"Melihat kondisi dilapangan, kita sepertinya perlu program "Bapak Angkat" bagi para petani, hal ini diharapkan dapat membantu petani untuk pemasaran beras premium ke pasar-pasar modern. Bapak Angkat nanti diharapkan juga adalah perusahaan-perusahaan besar (PBS) disekitar lokasi pertanian", ujar Bulkani.

"Jaminan pasar diharapkan akan berkelanjutan, baik bagi beras premium maupun beras menuju organik. Ke depan, ASN wajib membeli beras premium, perlu regulasi di semua kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Kita juga perlu dorongan dan MoU dengan perguruan tinggi penyelenggara program studi pertanian untuk menempatkan magang dan tugas akhir mahasiswa ke lokasi-lokasi pertanian di Kalteng," lanjut Nurul Edy mewakili Pemprov Kalteng.

Turut hadir, Sekretaris TPPKB, Laksamana Muda (Purn) Susanto, anggota TPPKB, H. M Wahyudi F. Dirun, S. P., MM, Perwakilan Bulog Divre Kalteng, kepala dinas ketahanan pangan provinsi Kalteng, perwakilan dinas ketahanan pangan Kabupaten Kapuas, serta perwakilan Bank Kalteng. (Yds/Foto:Yds)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook