Dana Desa Prov. Kalteng TA 2018 Mencapai 1,1 Triliun

Kontribusi dari Rikah Mustika, 02 Agustus 2018 13:18, Dibaca 772 kali.


MMCKalteng-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi pengawalan Dana Desa di Swiss-bel Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (2/8). Peserta yang hadir sebanyak 364 orang yang terdiri dari Bhabinkamtibnas, Kejaksaan Negeri, DPMD dan Inspektorat se-kabupaten/kota, serta kecamatan.

Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah, Hamka, S.Pd, M.Pd selaku ketua panitia menyampaikan dalam laporannya, "Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka penyamaan persepsi serta sinergitas terhadap pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan dana desa sekaligus pembinaan, sehingga pada saatnya nanti pelaksanaanya dapat maksimal” Ungkapnya.

(Baca Juga : Keseruan Bukber di Palangka Raya, Masjid Raya Darussalam)

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, S.Hut, MP membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, "Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia tahun 2018 ini secara nasional mengalokasikan dana desa sebesar Rp. 60 triliun. Dana tersebut akan dibagi kepada 74.910 desa yang ada di Indonesia" Ujarnya.

Beliau juga menyampaikan, "Dana desa untuk Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun anggaran 2018 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 226 tahun 2017 adalah sebesar 1,1 triliun yang dibagi untuk 1.433 desa yang ada di Kalimantan Tengah", pungkasnya.

Fahrizal Fitri berharap agar Bhabinkamtibnas, kejaksaan, Aparatur Pengawas Internal Pemerintah Daerah dan Para Camat untuk melakukan pengawalan terhadap penggunaan dana desa dalam bentuk pencegahan, pengawasan dan pembinaan secara langsung kepada Penyelenggara Pemerintah Desa dan Tim Pelaksana di desa. Tujuannya agar terwujudnya pengelolaan dana desa yang efektif, efisien, dan akuntabel. (Rikah / Foto: Asep)

 

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook