Melalui Lomba Bercerita, Edukasi Memupuk Percaya Diri Anak

Kontribusi dari Iin Carolina, 01 Mei 2019 18:22, Dibaca 15 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah, membuka pelaksanaan lomba bercerita bagi siswa - siswi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tingkat Kota Palangka Raya Tahun 2019 di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya Jalan Diponegoro, Selasa (30/4/2019) pagi.

Menurutnya dengan adanya kegiatan lomba bercerita seperti ini bisa menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca dan memiliki nilai edukasi untuk memupuk rasa percaya diri anak-anak sejak usia dini serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan dan buku dalam membangun karakter, kecerdasan dan inovasi masyarakat, mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kepahlawanan serta membangun karakter bangsa (baik buku bernuansa kepahlawanan maupun legenda), menumbuh kembangkan Role Model bagi anak-anak di lingkungan Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Kunjungi Water Treatment Plant (WTP), Wabub Mura Ingin Pastikan Ketersediaan Pasokan Air Bersih Untuk Masyarakat Lancar)

Umi menuturkan lomba bercerita merupakan kegiatan yang sangat perlu didukung bagi generasi muda khususnya Kota Palangka Raya karena bercerita sekarang menjadi gaya pidato tokoh-tokoh dunia seperti diketahui mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama sebagai senator dulunya sampai menjadi presiden tidak lepas dari gayanya yang berpidato bercerita, karena bercerita itu lebih kepada apa adanya.

Menambahkan karena kita berada di daerah maka hal yang terpenting adalah mengedepankan kearifan lokal agar gaya-gaya bahasa seperti ini dapat tumbuh kembangkan lagi sebab kalau tidak maka gaya bercerita seperti ini akan mati suri akibat tergerusnya arus zaman modern dan karena Indonesia adalah terkenal dengan legendanya baik itu fiksi dan non fiksi tentu saja bercerita memiliki daya tarik tersendiri," tutupnya. (MC Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook