Tindak Tegas Masyarakat Yang Buang Sampah Sembarangan

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 24 Januari 2018 11:45, Dibaca 42 kali.


MMCKalteng - Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah akan menindak tegas bagi masyarakat yang membuang sampah di sembarangan tempat. Namun sebelumnya Bupati Kobar pun akan mengumpulkan semua tokoh perihal penerapan peraturan daerah (perda) tentang pengelolaan sampah.

"kami akui saat Ini masih minim kesadaran masyarakat perihal kebersihan, dimana masyarakat masih beranggapan bahwa masalah sampah tanggung jawab Pemerintah Daerah, sehingga saat ini kita masih menemukan tumpukan sampah dimana mana,". Kata Bupati Kobar Nurhidyah, Senin (22 /1).

(Baca Juga : Rapat Kemitraan Usaha Perkebunan PemKab Gumas)

Menurut Bupati, di Kobar ini sudah ada Perda tentang pengelolaan sampah yang telah disahkan pada tahun 2017, dimana perda itu hasil revisi perda sebelumnya No. 3 Tahun 2015.
"Perda sudah ada tinggal kita menerapkannya saja namun sebelum ditetapkan diharapkan perda itu pun disosialisasikan terlebih dahulu, bahkan waktu dekat ini, kami akan undang tokoh masyarakat perihal perda tersebut," ujar Bupati.

Begitu Perda tentang pengelolaan sampah sudah disosialisasikan, kata Bupati, maka masyarakat akan menerima sanksi saat membuang sampah bukan pada tempatnya bahkan buang sampah diluar jam yang telah ditentukan dalam perda itu.

"Saya selalu menegur warga jika ada ditemukan tumpukan sampah, tetapi warga itu selalu mengatakan, itu sampah dibuang dari orang luar, untuk itu dalam waktu dekat ini kami akan terapkan OTT bagi yang buang sampah sembarangan," imbuhnya.

Tindakan OTT menurut Bupati agar ada efek jera bagi masyarakat yang tidak mendukung program pemerintah mewujudkan lingkungan yang bersih, nyaman dan asri.
"Kami harapkan kesadaran masyarakat, dimana sampah dan kebersihan lingkungan bukan saja tanggung jawab petugas kebersihan melainkan tanggung jawab bersama, saya prihatin melihat petugas kebersihan, baru saja dibersihkan dua jam kemudian sudah menumpuk lagi, kasihan pertugas kebersihan kita yang bekerja tanpa mengenal cuaca, mereka tetap harus membersihkan sampah sampah itu," imbuhnya. (Humas Kominfo Kobar)

 

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook