Penerapan Aplikasi SiMAYA Guna Percepat Proses Birokrasi

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 24 April 2019 23:08, Dibaca 1,676 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan, maka perlu dilaksanakan dan dikembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government) yang tepat dan menyeluruh.

Salah satu upaya ke arah tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Pulang Pisau akan melakukan penerapan aplikasi e-office siMAYA guna mempercepat proses birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

(Baca Juga : KPU Menggelar Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Anggota DPRD)

“siMAYA merupakan proses kegiatan surat menyurat yang dilakukan secara elektronik dengan mengakses internet,” ujar Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau, Moh. Insyafi di Aula Kantor setempat, Rabu (24/4/2019).

Lanjutnya, aplikasi siMAYA merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di lingkungan instansi pemerintah yang kemudian dikembangkan oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia.

Penerapan siMAYA merupakan langkah awal untuk mempercepat proses birokrasi serta dapat memberikan manfaat dalam bekerja diantaranya dapat menghemat penggunaan kertas, hemat waktu, arsip akan menjadi lebih aman juga bisa diakses dimana saja baik melalui perangkat Komputer, laptop dan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Selain itu, manfaat siMaya juga untuk mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik tanpa harus berada di kantor, pungkasnya

Nantinya siMAYA akan kita terapkan ke instansi-instansi lain, namun untuk saat ini akan kami coba dan kami terapkan secara internal terlebih dahulu di Dinas kami Kominfo, Statistik dan Persandian Pulang Pisau, sebelum kami menerapkan di instansi lainnya, ungkap Insyafi. (MC. Pulang Pisau/Kurniawan)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook