Eks Transmigrasi Kumai Hilir Seberang Mengadu ke Dewan

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 05 April 2019 10:56, Dibaca 500 kali.


 

MMCKalteng - PALANGKA RAYA-Warga kelurahan Kumai Hilir Seberang eks transmigrasi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengeluhkan lahan usaha 2 yang sampai sekarang ini belum ada kejelasan. Pasalnya lahan sudah dikerjasamakan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit.   

(Baca Juga : Warga Kotim Dibagikan Masker dan Hand Sanitazer)

Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Jubair Arifin mengatakan, reses pada hari ketiga yang dilaksanakan Rabu (3/4) dia mengunjungi Kelurahan Kumai Hilir Seberang. Dalam pertemuan itu dia menerima keluhan warga eks transmigrasi di wilayah itu terkait masalah lahan usaha 2.

“Masyarakat eks transmigrasi Kumai Hilir Sebrang mengeluhkan masalah lahan LU 2 sampai saat ini belum ada kejelasan padahal lahan usaha 2 sudah bermitra dengan perusahaan perkebunan,” kata Jubair, saat dihubungi, Kamis (4/4).

Dalam pertemuan itu kata dia terungkap, lahan usaha 2 warga setempat sudah dikerjasamakan dengan perusahaan dan saat itu difasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar.

“Lahan usaha 2 yang digarap oleh perusahaan seluas 200 hektare lebih dari total lahan 275 hektare. Lahan usaha 2 ini dimitrakan dengan pihak perusahaan dan sebagian diklaim masyarakat,” terang Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) III, meliputi Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara ini.

Akibat masalah tersebut, sampai saat ini masyarakat eks transmigrasi belum ada kepastian sebagai peserta plasma. Padahal  lahan usaha 2 yang sudah ditanami sudah panen.

“Kami sebagai Anggota DPDR Kalteng meminta kepada pemerintah daerah agar segera menyelesaikan kekurangan lahan usaha 2 yang menjadi kewajiban pemerintah daerah dan hak masyarakat eks transmigrasi Kumai Seberang. Karena masalah ini sudah lama terkatung katung tanpa ada penyelesaian yang  jelas. Penempatan transmigrasi sejak 2008 dan 2015 sudah diserahkan kepada pemerintah daerah,” pungkas Anggota Komisi A DPRD Kalteng, yang membidangi Pemerintahan, Hukum dan Keuangan ini.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook