Fokus Pengelolaan Sampah Dalam Rakorda Lingkungan Hidup Tahun 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 01 April 2019 22:23, Dibaca 1,079 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P dalam sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Prov. Kalteng Tahun 2019 menyampaikan, masalah besar lingkungan hidup di Indonesia tidak terkecuali di Kalimantan Tengah saat ini semakin kompleks dan sangat krusial karena menyangkut kualitas kehidupan di masa datang. Persoalan lingkungan hidup tersebut antara lain, sampah, banjir, sungai tercemar, pemanasan global, pencemaran udara, rusaknya ekosistem laut, sulitnya air bersih, kerusakan hutan, abrasi dan kerusakan tanah.

Tema Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 ini yaitu” Kelola Sampah Menuju Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis)”. Saya meminta Rakorda Lingkungan Hidup tahun ini bisa lebih fokus membahas permasalahan pengelolaan sampah yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota, dengan tetap memperhatikan persoalan lingkungan hidup lainnya seperti yang saya sebutkan di atas.

(Baca Juga : Gerakan Tanam Padi Serentak, Mentan Kunjungi Kalteng )


Seluruh Kabupaten/Kota yang belum mendapatkan Anugerah Adipura harus segera melakukan perbaikan kekurangan yang ada di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah. Menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah yang memadai dan memenuhi standar. Menerapkan kebijakan pengelolaan sampah melalui pengurangan sampah rumah tangga dan sampah sejenisnya melalui pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir sampah.


Melalui pengelolaan sampah yang baik, Saya berharap pada Tahun 2020 yang akan datang seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah mendapatkan predikat sebagai kota bersih dan mendapatkan Anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pembukaan Rakorda Lingkungan Hidup Prov. Kalteng tahun 2019, bertempat di Meeting Room Aquarius Hotel, Senin (1/4). (ARP/Foto:ARP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook