Kadis Disnakertrans Prov. Kalteng : Isi Kegiatan Produktif Saat Hari Buruh Nasional

Kontribusi dari Rikah Mustika, 30 April 2018 21:36, Dibaca 27 kali.


MMCKalteng – Tim MMC melakukan wawancara kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah, R. Syahril Tarigan mengenai Hari Buruh (May Day) di Ruang Kepala Dinas Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (30/4) sore. Beliau menyampaikan Disnakertrans membuka ajang diskusi untuk permasalahan buruh yang kemudian ditampung dan dicarikan solusinya sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang lebih besar.

Salah satu permasalahan yang terjadi yaitu hingga kini masih banyak tenaga kerja yang belum mendapatkan upah  sesuai UMK, sedangkan UMK hanya berlaku untuk kerja 1 tahun, selebihnya upah diukur secara struktur dan skala upah. Sanksi administratif tentang pengupahan yaitu bersifat berjenjang yang kemudian akan adanya tindakan seperti pencabutan ijin.

(Baca Juga : Presiden Jokowi Tiba di Kalimantan Tengah)

Di Kalimantan Tengah tingkat penganggurannya masih dibawah Nasional yaitu 4,23% atau sekitar 58.000 orang.  Lapangan kerja yang mendominasi yaitu di bidang pertanian dan juga perkebunan.

Sebentar lagi akan launching website yang dibuat khusus untuk menerima laporan melalui serikat kerja sehingga pengaduan bisa dilakukan secara online.

Pemerintah akan melaksanakan May Day is Fun Day dimana hari libur yang diberikan kepada buruh bisa diisi dengan hal-hal produktif. May Day is Fun Day artinya hari yang menyenangkan bagi semua orang, akan diisi kegiatan-kegiatan positif seperti pertandingan sebak bola sebagai even bola nasional. Sedangkan di Kabupaten Kapuas akan diadakan liburan ke Tangkisung bersama para karyawan. Harapannya dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut tidak ada lagi yang demo.

Bagi Disnakertrans tanggal 1 Mei bukan merupakan hari libur nasional, melainkan hari kerja khusus dimana siap berdialog dan juga menampung aspirasi para pekerja yang diwakili oleh para serikat. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook