Dirgahayu Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 28 Maret 2019 10:05, Dibaca 972 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P pimpin Upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-100, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) ke-69 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) ke-57 tingkat Prov. Kalteng, bertempat di lapangan kantor Gubernur Kalimantan Tengah, kamis (28/3/2019).

Turut hadir Wakil Walikota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah, Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, S.H., M.H, Wakil Bupati Pulang Pisau Pudji Rustaty Narang, Kepala OPD Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Kalteng, ASN Prov. Kalteng serta anggota Damkar, Satpol PP, Satlinmas dan para tamu undangan.

(Baca Juga : BPS Kalteng gelar FGD Indeks Demokrasi Indonesia Tahun 2018)


Sekda selaku Inspektur Upacara menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri diantaranya : Damkar, Sat Pol PP dan Sat Linmas berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia.

Peran penting Damkar, Sat Pol PP dan Sat Linmas tercermin dari tugas dan tanggungjawabnya. Tugas Damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran. Kemudian melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebaran serta pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia, lanjutnya.


Sat Pol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat, ucap Fahrizal Fitri.

Sat Linmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara, tuturnya. (ARP/Foto:ASEP)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook