BPK RI Uji Sampel 6 Perusahaan Sawit di Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 27 Maret 2019 16:09, Dibaca 1,266 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dimulai dari Provinsi (Prov) Jambi pada tanggal 13-22 Februari 2019, Prov. Riau 27 Februari - 8 Maret 2019, Prov. Kalimantan Selatan 13-22 Maret 2019, Kemudian Prov. Kalimantan Tengah pada tanggal 27 Maret - 5 April 2019 dan terakhir Prov. Kalimantan Barat 10-19 April 2019.

Jangka waktu pemeriksaan dimulai dengan PDTT pengelolaan perkebunan kelapa sawit mulai tanggal 28 Januari 2019 sampai 22 April 2019, PDTT dilakukan selama 70 hari dengan 5 Provinsi sebagai sampel dan diakhiri dengan penyusunan laporan pada bulan April hingga Mei 2019.

(Baca Juga : Istana Kuning, pernah terbakar namun tetap jadi kebanggaan)


Uji sampel dilakukan di PT. Sukajadi Sawi Mekar Kabupaten Kotawaringin Timur (Kab. Kotim) pada tanggal 28-29 Maret 2019, PT. Mustika Sembuluh Kab. Kotim 28-29 Maret, PT. Karunia Kencana Permaisejati, Kab. Kotim 30-31 Maret, PT. Binasawit Abadi Pratama Kab. Seruyan 30-31 Maret, PT. Sawit Mandiri Lestari Kab. Lamandau 2-3 April serta PT. Suryamas Cipta Perkasa Kab. Pulang Pisau pada tanggal 2-3 April 2019.

Tujuan pemeriksaan diantaranya, untuk menilai kepatuhan perusahaan perkebunan kelapa sawit terhadap pemenuhan kewajiban penggunaan lahan, baik atas pembukaan maupun peruntukan kawasan hutan yang digunakan. Kemudian untuk menilai kepatuhan proses produksi dari perusahaan perkebunan kelapa sawit terhadap Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Selanjutnya untuk menilai kepatuhan perusahaan perkebunan kelapa sawit terhadap kewajiban ekspor kelapa sawit dan produk turunannya.


Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) gelar pertemuan dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) terkait entry meeting pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas perizinan, sertifikasi, dan implementasi pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian dan instansi terkait lainnya di Jakarta, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Turut hadir Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Prov. Kalteng Drs. H. Nurul Edy., M.Si mewakili Pemprov Kalteng beserta Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Ir. Rawing Rambang., M.P, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalteng Hj. Aster Bonawaty, S.H., M.H berserta OPD terkait lingkup Prov. Kalteng, Kepala OPD Kabupaten terkait, perwakilan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) serta Tim dari BPK RI yang diwakili oleh Wakil Penanggung Jawab 2 Dadang Suwarna dan Ketua Tim Pemeriksaan Adianto Nugroho bersama tim pemeriksa, bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kalteng, Rabu (27/3/2019). (ARP/Foto:EAP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook