Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kota Palangka Raya tahun 2019

Kontribusi dari Yudistira, 27 Maret 2019 12:49, Dibaca 900 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kota Palangka Raya Tahun 2019 digelar di Aula Peteng Karuhei Pemkot km. 5,5 Tjilik Riwut (27/3). Kegiatan dibuka oleh Kadiskominfo kota Palangka Raya, Drs. Aratuni, M.T. Turut hadir sebagai narasumber mewakili Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah, Baryen, S.T, M.Eng, serta dari berbagai komunitas KIM di Kalimantan Tengah.



Baryen dalam paparannya menyatakan KIM adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya. KIM sangat berperan sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat yang berperan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat. Pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan dengan dinas-dinas di tingkat Kabupaten/Kota.

(Baca Juga : Pentingnya Keterbukaan Informasi dan Dampaknya Terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan)


KIM diarahkan untuk melakukan aktivitas mencari, memfilter, mengelola dan menyebarkan informasi. Bukan hanya mengelola produk/kerajinan. Keberadaan KIM di Kalimantan Tengah sudah sangat baik, hal ini ditunjukkan dalam data yang telah diterima Diskominfosantik Prov. Kalteng tahun 2019; Seruyan 47 kelompok, Kapuas 19 kelompok, Murung Raya 11 kelompok, Palangka Raya 8 kelompok, Pulang Pisau 7 kelompok, Kotawaringin Timur 6 kelompok dan Kotawaringin Barat 6 kelompok. (Yds/Foto:Abdan)

Yudistira

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook